Bekerja full time 08 pagi - 23 Malam, gaji tak seberapa

Ini hanyalah curhatan mimin, kita sudah lama bekerja sebagai penyedia Bot telegram. Pertama kali di mulai pada tahun 2021 lalu, awal-awal sulit untuk menyediakan jasa. Banyak pelanggan meminta project yang rumit-rumin, minta banyak fitur. Tapi, jiwa mimin saat itu belum berjiwa bisnis.

Harga yang di tawarkanpun tidak masuk akal, mimin berfikir kalau semakin mahal suatu harga pelanggan bisa kabur. Daripada mereka kabur, lebih baik terima saja. Dari menerima tawaran ini, bekerja berasa seperti tidak niat kadang malas.

Sebabnya permintaan pelanggan terlalu rumit, sementara mereka membayar dengan harga murah. Akibatnya pekerjaan di kerjakan sejadinya yang penting work dan bisa jalan. Tidak peduli bentuknya gimana, mau pakai apa, bahkan mimin sering banget memaksakan penggunaan resource yang lebih kecil agar bisa mendapatkan penghasilan.

Dampak penawaran harga murah, banyak pelanggan mimin yang repeat order. Tapi mereka malah memberikan permintaan yang jauh lebih rumit dan banyak. Karena pekerjaan tersebut mendatangkan keuntungan, tidak ada hal lain maka mimin terima. Sampai lama-kelamaan project bot dari pelanggan semakin kompleks dan rumit.

Banyak project bot besar yang mimin buat di kalah itu. Ada juga yang order project, namun tidak di pakai. Mereka membeli jasa dengan harga 300-500 ribu. Tapi setelah project selesai di kerjakan produk tidak pernah di gunakan.

Semakin lama mimin mulai sadar, untuk hidup kita membutuhkan uang. Ada biaya hidup yang harus kita bayarkan, kalau kita bekerja lebih lama namun penghasilan sedikit, sudah pasti kualitas hidup akan menurun. Ketika kualitas hidup menurun, dampaknya produktifitas juga menurun.

Selama ini mimin makan bersama keluarga, nggak beli beras nggak beli apapun. Pengeluaran paling hanya untuk membeli kuota, atau sedikit jajan dan beli kopi + gula ( mimin suka ngopi ).

Kalau di hitung-hitung kerja hampir 18 jam sehari, penghasilan tidak mencukupi. Contoh, kalau ada costumer hari ini. Pengen meminta bikinkan bot A dengan harga sekian. Jika pengerjaan project tersebut 3 hari atau 4 hari, berarti pendapatan harian adalah jumlah harga / hari.

Selain itu pendapatan juga harus di kurangi untuk biaya server sekitar 60 ribu. Wajib, karena semua bot telegram membutuhkan server untuk berjalan. Misalnya, dapat 200 ribu untuk pembuatan bot custom. Lalu 60 ribu nya untuk membeli server, sisanya ada 160 ribu kalau pengerjaanya 3 hari maka 160 ribu / 3 hari.

Dapat 50 ribu dalam sehari sih Alhamdulillah, tapi kebutuhan bukan cuma makan. Kebutuhan akan kuota, kendaraan, penunjang hidup. Pada saat tidak ada order baru yang masuk, mimin cuma mendapatkann commision 30% dari penjualan server.

Gimana caranya? sedikit mengakali sistem, di saat ada user baru membeli produk. Mimin daftarkan sebagai affiliate account utama, atau terkadang satu server besar di pake lebih banyak program. Satu server bisa muat 4-5 program bot.

Inilah komisi kita, tapi semakin hari sih banyak juga pelanggan yang berhenti berlangganan. Itu menandakan bahwa bot program yang sudah di kerjakan tidak bernilai atau berdampak lebih bagi mereka. Mereka bisa berpindah vendor, ada juga yang memanfaatkan produk project yang pernah di buat hanya sebagai contoh untuk membuat sendiri source code nya.

Kalau di total-total gaji dari full time kerja 1.4, kadang 1.5 kadang cuma 500 ribu sebulan. Iyalah, itu gaji karena selalu menerima orderan bot custom dengan beragam keinginan. Bot custom idealnya di beli sehargai 1 jutaan keatas, karena membuat nya rumit sekali. Butuh waktu yang lama.

Sekarang mimin sudah mengurangi menerima jasa pembuatan bot custom. Sekarang lebih fokus membuat project sendiri, lalu di sewakan. Lebih baik daripada bikin satu keuntunganya kecil kalau pembeli adalah satu orang tunggal.