Berapa lama bikin Bot telegram?

Bikin bot telegram waktunya bervariasi, tergantung kompleksitas yang akan di buat. Semakin kompleks dan rumit fiturnya maka di butuhkan waktu yang lama. Dalam developing bot telegram kita akan sering berhadapan dengan Error, setiap baris code yang di buat mungkin harus di coba terlebih dahulu untuk melihat hasil nya error atau berhasil.

Bagian paling rumit dalam pembuatan bot telegram adalah debugging. Kita harus melakukan debug response yang di berikan oleh telegram untuk melihat apa yang di kembalikan atas dari sebuah permintaan. Proses ini harus di ulangi dengan memberikan request yang berbeda dan kondisi yang berbeda.

Beberapa orang yang sudah berpengalaman mungkin sudah hafal mengenai Error yang di berikan oleh telegram dan dapat melakukan error handling dengan baik. Keberhasilan dalam pembuatan project bot telegram adalah Try Fix, kita coba dulu bikin seperti ini kemudian kita cobain kalau error kita perbaiki.

Untuk memproses beberapa input misalnya, kita harus membuat sebuah sesi task tersendiri. Task di gunakan untuk mengingat jenis pekerjaan atau action yang sedang di kerjakan oleh user, dan menyimpan nilai-nilai input ke dalam tmp database sebelum akhirnya di simpan dalam database production real.

Mengembangkan bot berbasis API jauh lebih mudah di bandingkan membuat bot dengan library dengan protokol MTProto. Kecepatan pengembangan akan bergantung seberapa banyak pengalaman yang di miliki oleh pengembang.

Terkadang pengembang membutuhkan sumber kode dari project sebelumnya untuk dapat membuat bot baru agar lebih cepat daripada mengembangkanya mulai dari nol. Misal, struktur tabel data untuk subcriber. Akan lebih rumit rasanya jika harus membuat nya dari nol terus setiap kali ada project. Menyalin Query create table yang sudah ada menjadi solusi yang lebih effisien waktu.

Permasalahan modul atau pustaka yang di gunakan juga semakin rumit. Dalam pembuatan bot telegram tidak hanya pustaka bot api kunci enkripsi yang di butuhkan, tapi pustaka lain yang berguna untuk membangun project.

Pemilihan pustaka/modul atau kita kenal dengan library cukup sulit bagi pemula. Karena kita nggak menghafal semua jenis pustaka program, misal mau melakukan modifikasi terhadap gambar pustaka apa yang di butuhkan. Atau mau membangun sebuah server pustaka juga di perlukan.

Developer mungkin akan meraskaan kebingungan atau stuck ( menemukan jalan buntu ) apabila mereka tidak dapat menemukan solusi dari sebuah permasalahan. Di sinilah pentingnya worflow/chartflow langkah kerja sistem bot telegram agar dapat di prediksi dengan baik mau pakai model seperti apa nanti nya.

Biasanya di alami oleh developer baru. Contoh jalan buntu, apabila kamu ingin membuat bot welcome yang akan memberikan alert terhadap notifikasi apabila ada pengguna yang bergabung ke channel telegram. Tapi sudah terlanjur menggunakan bot API, ya jelas akan menemukan jalan buntu. Sebab telegram webhook tidak mengirim pembaruhan apapun terkait anggota yang bergabung ke channel kecuali grup.

Jalan buntu terkadang juga di peroleh ketika kita mencoba mengedit pesan media yang sudah di edit beberapa kali, mengandung tombol dan beberapa kode tertentu. Media tersebut tidak akan bisa di edit kembali. Metode edit pesan ini terkait dengan response dari action tindakan mengklik tombol yang berada di dalam pesan tersebut.

Hasil akhir dari project bot telegram juga tidak selalu sempurna, dan harus terus di kembangkan. Oleh karena itu, banyak developer yang mempublikasikan hasil kerja dari mereka ke repositori publik github agar dapat di perbaruhi secara berkala oleh komunitas.

Bot yang menggunakan lebih banyak thirtparty akan lebih sering update. Di jasa Bot telegram murah By Netzku, kita menggunakan pendekatan yang berbeda. Semua bot di masukan ke dalam aplikasi E-Billing untuk memantau kinerja bot, dan juga memfasilitasi pelanggan dalam hal untuk membayar biaya sewa server.

Kami pertama membuat bot di tahun 2021, dan membutuhkan waktu 1 bulan penuh untuk mengembangkan project Bot pertama. Seiring berjalan nya waktu, kami bisa menyelesaikan lebih cepat dari biasanya. Tapi hal yang membuat waktu penyelesaian lebih lama adalah kompleksitas.

Semakin hari banyak pelanggan yang order bot dengan tingkat kompleksitas yang tinggi, fitur yang lengkap, dan sesuai keinginan. Selain bermasalah di waktu, pengerjaan juga biaya tidak bisa di berikan harga lebih murah.

Building project 1 hari bisa mungkin jadi, mencoba try and error 1 hari, memeriksa bug yang kemungkinan belum pernah terjadi karena belum menemukan kondisinya ini bisa memakan waktu lama. Terkadang bot sudah online dalam mode production baru bisa menemukan kendala tertentu.

Rekor tercepat pembuatan bot adalah 1 hari untuk bot sederhana, seminggu untuk bot dengan kompleksitas tinggi. Dan 1 bulan untuk melihat apakah bot yang sudah jadi berfungsi dengan baik atau masih ada bug errornya.