Netzku sebagai penyedia layanan bot telegram

tentang netzku.com

Netzku merupakan project belajar, yang awalnya merupakan hobi. Ryan, selaku developer bot telegram, adalah seorang yang sedang belajar bahasa pemrograman. Ia kesulitan mencari project dalam belajar. Pada tahun 2018, Ryan sudah berhasil mengembangkan CMS Auto Like dan Bot Comment Facebook, berakhir pada tahun 2019.

Di tahun-tahun berikutnya, kegiatan coding hanya dilakukan di saat waktu senggang. Ryan pertama kali mengenal bot telegram pada masa itu, padahal sudah lama bermain telegram. Ketika pertama kali mengenal bot telegram, Ryan langsung tertarik. Dan mulai hobi mengoleksi bot telegram sebagai aplikasi utilitas berbasis chat. Pada tahun 2018 lalu bot telegram banyak di pergunakan oleh pengembang koin kripto.

Saat itu Ryan juga pernah bermain kripto, bot paling di sukai adalah faucet bot. Bermain faucet bot akan mendapatkan reward hadiah berupa uang kripto ETH, DOGE Coin, maupun token yang baru keluar.

Pertengahan tahun 2019 bot telegram semakin populer dengan hadirnya bot baru, apalagi pada masa itu saat semua orang bekerja di rumah WFH. Bot telegram kian populer di kalangan anak sekolah, ada anonymous bot, grup help, maria rose, CatatanKu, SpyOnBot, GmailBot, Gdrive Bot, Shortlink Bot, dan sebagainya. Program bot telegram merupakan aplikasi kecil yang dapat membantu pekerjaan jadi lebih mudah ( ibaratkan sebuah utiltas ).

Karena tertarik dengan program bot telegram, Ryan mulai mendalami dan mempelajari program bot telegram pada tahun 2021. Selama belajar, Ryan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dan juga dukungan finansial. Hingga pada akhirnya, jasa bot telegram pertama di komersilkan lewat iklan content placement yang di posting di blog ryanid.my.id berjudul Jasa Bot telegram murah.

Posting tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa, ternyata bot telegram banyak sekali peminatnya. Seiring waktu Ryan terus melakukan riset dan pengembangan terhadap bot telegram, menemukan berbagai permasalahan dan solusi penyelesaian masalah. 

Meskipun bot telegram bisa di buat oleh siapa saja. Tantangan terbesar dalam mengembangkan bot telegram adalah soal biaya, pada kenyataanya program bot telegram merupakan aplikasi berbasis cloud. Meskipun dapat di install pada perangkat windows, maupun ponsel, akan tetapi program ini memang khusus untuk cloud server. Bot membutuhkan server yang mempunyai stablistas jaringan, serta waktu online yang tinggi.

Hingga pada akhirnya Ryan menciptakan Netzku, salah satu layanan E-Biling untuk memfasilitasi dan menurunkan harga sewa server.  Sejak saat itu penelitian di lanjutkan dengan mengembangkan program bot telegram yang lebih minimalis dan ringan. Fokus utama nya adalah menyediakan software aplikasi berbasis telegram yang mudah di operasikan dan bermanfaat untuk semua orang. 

Untuk mengoperasikan program berbasis bot telegram, seorang membutuhkan biaya operasional minimal 50rb. Dan netzku berusaha untuk memangkas jumlah tersebut, berbagai cara dapat dilakukan untuk mengurangi biaya pemakaian server.  Tapi tidak menggunakan metode ilegal, Ryan tidak menyukai membeli produk server yang di jual murah.

Saat ini banyak sekali Server opolosan dengan harga super murah. Server oplosan adalah server yang di jual oleh negara lain, memanfaatkan diskon, atau bisa juga memanfaatkan kredit yang berasal dari CC ilegal. Data jauh lebih penting daripada server dengan harga murah, oleh sebab itu netzku hanya mempercayakan server kepada penyedia layanan yang sudah dikenal sebelumnya.

Netzku menggunakan layanan server yang di sediakan oleh Digitalocean, IdCloudHost, ShockHosting, Vultr, dan beberapa layanan server hosted lain yang menyediakan server dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan dengan harga murah. 

Server ini nantinya di kelolah oleh Netzku dan di gunakan sebagai node khusus untuk memasang paket bot telegram.  Jasa bot telegram meningkat seiring waktu, dari pertama kali blog ryanid di jadikan sebagai halaman landing page utama untuk menjual karya-karya bot telegram guna mendapatkan dukungan finansial.

Dan di penghujung tahun 2022, domain netzku.com di beli untuk pertama kalinya. Pada masa itu domain ini belum pernah sempat digunakan, ada banyak waktu sibuk membuat program bot milik pelanggan yang tiada habisnya. Setiap pelanggan membuat bot telegram, tidak pernah puas dengan fitur bot telegram yang di berikan, mereka selalu menambah fitur program bot yang sebelumnya di kembangkan.

Netzku kini berdiri sendiri sebagai instansi bisnis mandiri, program ini di rancang dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan finansial dalam pengembangan program berbasis web, dan bot telegram. Setiap project yang telah di kembangkan merupakan program karya pribadi, dan sumber kode program tidak di bagikan secara gratis ( open source ) untuk menjaga agar dukungan terhadap project ini terus berlanjut.

Ryan masih belum percaya program dukungan berbasis donasi dapat menutupi biaya-biaya lain yang di perlukan. Dengan adanya bisnis dan sistem E-Billing netzku pengembangan dan penelitian terhadap program-program baru yang belum diketahui dan di pecahkan permasalahan nya akan lebih cepat di selesaikan.

Netzku sekarang di buat menjadi usaha mikro kecil dan menengah.

NPWP : 43.094.447.0-313.000

NIB     : 0105240045323

 

Netzku sekarang sangat membutuhkan dukungan finansial, kamu bisa bantu kami mencapai finansiaal untuk mewujudkan project ini dengan cara membeli produk atau membeli jasa yang di sediakan, silakan ajukan pertanyaan atau hubungi Ryan di telegram https://t.me/ryanx 

Bantu kami mendapatkan dukungan finansial yang lebih banyak lagi dengan membuat bot telegram di kita. Kamu juga bisa mendapatkan benefit dari membuat bot telegram, salah satunya program komisi bagi hasil. Selain membuat bot telegram, bisa juga menggunakan layanan lain yaitu PINK.MY.ID di sediakan sebagai layanan mandiri yang dimana keuntungan yang di dapatkan dapat membantu penelitian dan pengembangan program di kemudian hari.