Pertanyaan yang sering di ajukan FAQ

Q and A

Penyedia layanan bot telegram adalah sebuah model bisnis yang menawarkan dua layanan. Layanan pertama adalah jasa, layanan kedua adalah pengelolaan. Sebelum kamu membeli bot telegram, ada baiknya mempelajari terlebih dahulu secara garis besar tentang bot telegram dan ruang lingkup kerja nya.

Ketika kamu ingin membeli bot telegram, Netzku akan memberikan sebuah pertanyaan dan juga meminta sebuah chartflow. Apa itu chartflow? chartflow adalah gambar/denah alur kerja, dan kerangka kerja bot secara garis besar. Selengkapnya mengenai flowchart bisa di baca pada postingan berjudul Mengenal FlowChart Bot telegram.

Sebagai penyedia, Netzku belum memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk membeli dan menginstall code mereka sendiri. Menginstall code akan memakan biaya yang lebih mahal, dan kemampuan teknis yang lebih banyak. Untuk membeli source code, pelanggan harus membeli lisensi code sepenuhnya, harga lisensi akan lebih mahal karena program mempunyai jumlah salinan yang tidak terbatas, dan dapat di perjual belikan kepada siapa saja.

Selain itu Ryan, selaku developer belum mau bekerja untuk menangani pengelolaan server bot yang di mana di hosting dan di miliki sendiri oleh pemilik bot. Biaya yang mahal, kontrol yang lebih sedikit, waktu kerja yang lama, adalah satu alasan kenapa netzku memberikan layanan pengelolaan bot telegram yang di maintenance oleh developer dibandingkan menyerahkan layanan server ke pihak ketiga.

Bagaimanapun layanan pengelolaan server ( managed server ) dan programing adalah dua cabang berbeda. Enginer fokus mengelolah server, menginstall OS, program yang di butuhkan, menjaga backup, dll. Sementara kita, hanya membuat program dan memasang program tersebut pada cloud server yang sudah di siapkan sebelumnya oleh sendiri.

Sudah ada banyak pelanggan yang membuat bot telegram namun meminta installkan pada server pihak ketiga, pada giliranya itu mengonsumsi biaya yang lebih mahal. Biaya server, paling murah 100-200rb perbulan, sementara Netzku ingin agar biaya berlangganan bisa lebih murah dari 200rb per bulan. Mulai sekarang, sejak ada nya netzku semua bot telegram yang di buat akan di hosting sendiri oleh Netzku.

Kami bukanlah Expert dalam pembuatan bot telegram, ini adalah project penelitian Masih banyak permasalahan terkait bot telegram yang masih belum terpecahkan, jika kamu mencari seorang yang benar-benar expert banyak kok, tapi mereka tidak akan mau di beri salary yang rendah untuk membuat aplikasi bot telegram.

Meminta kami bekerja artinya anda membayar waktu, dan juga pengetahuan yang sudah di dapatkan dari hasil penelitian sebelumnya. Menggunakan layanan Netzku artinya anda mempercayakan kepada tim netzkku untuk mengelolah program bot tersebut. Semua bot telegram, dapat di manage lewat CMS yang di sebut E-Billing Sistem.

 

Permasalahan permasalahan tentang bot telegram yang belum terpecahkan.

  1. Pengelolaan dan manajemen data. Bot telegram punya batasan terhadap penampil data.
  2. Relasi antara input, dan sesi. Bot telegram hanya dapat menginput satu data per aksi.
  3. Kebutuhan akan komputasi yang besar. Bot telegram butuh komputasi besar untuk melayani ribuan user, dan juga mengelolah data files.
  4. Thirparty, bot telegram membutuhkan layanan pihak ketiga.

 

Anda bisa membuat bot di kita namun ide program tersebut dari anda sendiri. Ini artinya, tidak bisa hanya dengan memberi contoh sampel bot lain terus minta di buatkan, seolah-olah pelanggan menyuruh kami melakukan riset. Tidak seperti itu mekanisme nya, berikan chartflow, lalu demo atau contoh bot jadi ( kalau ada ). Semakin lengkap dokumentasi yang di berikan, akan semakin mudah kita memahami program bot yang akan di buat.

Terkait dengan pertanyaan umum, yang sering di ajukan berikut ini adalah jawabanya.

Berapa harga jasa bot telegram?

Kami tidak bisa menjawab, harga pembuatan bervariasi terngantung fitur, kompleksitas, dan durasi pembuatan. Penentuan estimasi perkiraan harga, baru bisa di berikan setelah kita melihat chartflow/gambaran seperti apa bot telegram yang akan di buat. Selengkapnya seputar harga pernah di bahas pada artikel blog berjudul, update harga jasa pembuatan bot telegram 2024.

Apakah ada biaya berlangganan bulanan?

Sebagai aplikasi berbasis cloud program bot telegram ada biaya berlangganan bulanan, di netzku.com biaya tersebut di hitung secara harian. Pelanggan bisa topup saldo kredit minmal Rp 10.000, dan dapat mencicil biaya tersebut dengan sistem transaksi yang lebih kecil. Harganya berapa? Hara berlangganan bulanan bervariasi, tergantung komputasi.

Semakin besar komputasi yang di gunakan akan semakin mahal biaya, semakin banyak users/pengguna bot harga akan semakin tinggi. Pada saat ini netzku menawakan varian Rp 500/hari, dan biaya Rp 3.500/hari. Biaya bot telegram di sini bersifat Pay as You use, yang artinya jika instanse bot di matikan  dari dashboard, maka tidak akan di kenakan tagihan.

Jika tidak lagi membayar apakah program bot yang sudah di buat hilang?

Nggak, program bot kamu tidak hangus dan bahkan dapat di affiliasikan ke orang lain. Netzku bukan lagi jasa bot telegram yang dulu, dimana setiap bot telegarm menjadi beban berat bagi penyedia, bot telegram yang tidak digunakan lagi mengonsumsi penyimpanan, karena server nya terpisah dan itu jadi beban tersendiri bagi penyedia karena harus membayar paket Server secara terpisah.

Sekarang, kita membeli server yang menyediakan layanan integrasi API. Integrasi API di butuhkan untuk menaik turunkan resource berlangganan, namun tetap berada pada satu server yang sama ( kelas Dedicated server ). Kita bisa menaik turunkan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan, sehingga program bot dapat termanaged dengan baik tanpa harus menghapus instanse server.

Apa itu program komisi?

Program komisi adalah layanan yang di sediakan oleh netzku untuk menjual program bot yang sudah di buat sebelumnya. Agar pekerjaan kita nggak sia-sia, program yang sudah di buat harus di jual kepada orang lain. Pemilik ide orisinal akan mendapatkan komisi 10% dari setiap transaksi pengguna yang menginstall program tersebut.

Dengan adanya fitur ini di harapkan program bisa mendapatkan pendanaan lebih banyak untuk mencapai keberlanjutan yang tinggi. Program dapat terus di managed, mantenance, dan di update rutin oleh developer. Sehingga program akan awet, kebutuhan akan dana juga akan lebih kecil bahkan satu orang dapat menyewa bot dengan harga mulai dari Rp 500 - 3500/hari.

Bagaimana dengan keamanan data?

Kami memilih untuk tidak bertanggung jawab terhadap data, oleh karena itu kita menghancurkan data yang sudah usang dengan umur maksimal 90 hari. Terkecuali data yang bersifat publik, dan informasi kontak. Data publik tidak mengandung identitas seorang, dan tidak melanggar privasi.

Sementara data yang bersifat contact adalah identifikasi pribadi yang kami gunakan sebagai bagian pertanggung jawaban atas penyediaan layanan bisnis. Ini dapat mencangkup aspek hukum, sebagai pemilik usaha wajib mengumpulkan data identitas dari pelanggan mereka. Tujuanya untuk identifikasi, dan transparansi keuangan.

Jika mau update fitur apakah ada biaya tambahan?

Biaya akan selalu ada selama anda menggunakan layanan jasa, terkecuali jasa layanan fix bug atau perbaikan. Karena semua perbaikan, bug dan permasalahan yang menyebabkan program bot tidak bekerja sebagaimana fungsinya adalah bagian dari layanan berlangganan. Jadi setiap bulan kamu membayar kita untuk mengelolah program bot tersebut dan memastikanya tetap berjalan sepanjang waktu.

Beda lagi jika menambah fitur, menambah fitur artinya melakukan permintaan tambahan terhadap fitur baru sesuai keinginan. Untuk harga penambahan fitur bervariasi, tergantung tingkat kompleksitas, dan jumlah fitur dengan minimum transaksi Rp 50.000. Jika penambahan fitur lebih kceil dari itu, dimohon untuk digabung dengan fitur lain agar bisa tepat di harga 50rb.

Saya pernah bikin bot di sini, tapi di blokir oleh adminnya masih bisa akses bot?

Tentu saja masih bisa, blokir itu bersifat pribadi. Bisnis tetap bisnis, kamu masih bisa menggunakan layanan di netzku.com dengan akun yang ada, kontrol sendiri semuanya. Adapun alasan kita memblokir adalah ketika merasa terganggu, atau merasa tidak nyaman dengan pelanggan tersebut.

Sebagai pelanggan jadilah orang yang sopan dan menghargai developer. Bukan karena kami menyediakan jasa yang murah, bisa seenaknya meminta fitur sesuka hati, dengan harga yang sudah di sepakati atau lebih rendah dari itu. Hargai developer, kita melakukan penelitian yang sangat panjang untuk dapat membuat bot telegram.

Jika kamu di blokir contact lagi dengan akun lain, sebut saja identitas. Tapi jaga perilaku ya, jangan ulangi sikap sebelumnya yang membuat kami tidak nyaman. Pada intinya blokir hanya bersifat pribadi, dan bersipat akun ( yang artinya hanya sebatas level akun ), jika contact via akun lain kami masih dapat di hubungi.

Bisakah saya datang ke rumah dev?

Kamu bisa mengajak saya meeting di tempat umum, alamat bisnis adalah rumah pribadi Jln. Trans Sumatera lampung, Desa Karang raja. Dengan kode pos 31314. Yang saat ini belum mempunyai kantor sendiri sebagai tempat meeting, jika memang berminat berdiskusi atau project besar yang ingin di selesaikan berasma-sama, kita bisa open kerja sama. 

Project bersama nggak akan terlibat dengan netzku, project tersebut mungkin hanya akan terikat secara pribadi atau kontrak. Dimana sistem bagi hasil, dan benefitnya di sepakati bersama. Netzku hanyalah sebuah project bisnis kecil, yang berfokus pada penyediaan layanan bot telegram dan penelitian penyelesaian masalah terkait program bot telegram.

Berapa lama waktu pengerjaan?

Waktu pengerjaan tidak bisa dipastikan, tapi biasanya berkisar 2-3 hari. Kok bisa secepat itu, karena kami sudah punya pengalaman dari hasil penelitian sebelumnya. Ini adalah gambaran dari project penelitian netzku, kita berusaha menyelesaikan banyak permasalahan koding di balik bot telegram agar dapat di kerjakan dan di selesaikan dalam waktu singkat, pada akhirnya akan menghemat biaya.

Untuk program yang lebih kompleks waktu pengerjaan akan lebih lama 7 hari, atau 1 bulan. Dan pada saat project selesai, tidak serta merta langsung jadi atau langsung komplit. Pasti masih ada bug, dan error yang nyangkut dan belum di ketahui. Penelitian penggunaan, akan membantu menemukan dan menyelesaikan masalah ini. 

Kumpulkan bug yang di temukan, tangkap screnshoot, berikan identitas akun yang menggunakan, id, chat_id, dan waktu kejadian. Kita akan investigasi dan melakuan pemeriksaan apa sebenarnya yang menyebabkan error dan lalu memperbaikinya. Pekerjaan kita gak jauh-jauh dari meneliti, memperbaiki bugs.

Pekerjaan bot telegram

Apakah menyediakan DEMO?

Ada dua kondisi, bila bot telegram yang ingin anda buat merupakan ide anda sendiri, maka tidak ada demo. Bila bo telegram merupakan project atau ide kami yang di tawarrkan maka demo pasti ada. Contohnya seperti bot telegram File Sharing Bot, Auto post grup telegram, dan masih banyak lagi.

Ingat kalau mau order custom jangan meminta demo,  yang jelas demo nya nggak ada. Apalagi ide program tersebut berasal dari fikiran anda sendiri, belum pernah terfikirkan oleh kita sebelumnya. Makanya kami menyebut project bot telegram adalah program penelitian, harus meneliti banyak ide untuk dapat membuat, dan juga harus mencoba berkali-kali untuk dapat sempurna.

 

Kembali lagi pada pelanggan, selama kita berbisnis pelanggan pengen enak, pengan murah, pengen cepat. Tapi ketika di hadapkan dengan tagihan yang mahal, mereka tutup mulut dan meninggalkan obrolan tidak melanjutkan pembelian.

Dimanapun kamu berada, yang namanya pekerjaan pasti ada harga yang harus di bayarkan. Harga akan sebanding dengan pekerjaan, yang bilang coding itu mudah, mungkin belum pernah terjun ke coding. Banyak orang frustasi, stuck, depresi karena coding. 

Konten ini terakhir di perbaruhi pada Senin 01 April 2024.