Cara memformat pesan di telegram full

Cara format pesan di telegram

Beberapa aplikasi layanan messaging memungkinkan penggunanya untuk dapat memformat pesan yang di kirim. Adapun format pesan yang di maksud adalah mengatur gaya font dan menambahkan hyperlinks aktif. Aplikasi whatsapp, mendukung format pesan dengan menggunakan jenis markwdown, beberapa format lain mungkin di dukung. 

Begitu juga dengan telegram, kita bisa memformat pesan menggunakan penulisan markdown ataupun HTML code. Dalam pengaplikasianya, penggunaan secara umum pada mode pengguna ( menggunakan aplikasi telegram ) format markdown lebih sering di pakai.

Sementara itu dalam aplikasi pengiriman pesan, kita bisa menggunakan code HTML untuk memformat pesan. Keduanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Penggunaan markdown lebih simpel, dan sederhana, sementara menggunakan HTML lebih rumit dan sulit di pahami.

Dalam kebanyakan bot telegram yang kita buat, semua mendukung formating standar HTML. Sebagian bot di program untuk dapat memformat pesan menggunakan markdown. Format pesan di telegram tidak dapat di campur adukan, karena dalam pengiriman pesan ke server telegram, di wajibkan mendeskripsikan secara explisit mengenai format content tersebut.

Format pesan di telegram menggunakan markdown biasanya sangat jarang mengalami error, lebih sering pesan tidak terformat dengan baik. Tapi saat menggunakan formating HTML, apabila kesalahan dalam cloing tag, tanda kutip, dan juga kesalahan penulisan syntax pesan tidak terkirim.

Pesan tidak terkirim akan sulit melakukan debugging, ini karena error nya di return ke console developer bukan sisi pengguna. Saat terjadi error biasanya program python atau nodejs akan mengalami penghentian, kecuali kita mengelolah error dengan sangat explisit seperti pada penggunaan try dan catch.

Pada kerjanya tidak semua pengirim pesan menggunakan Try & Catch, akan terlalu banyak code yang harus di tulis apabila harus menangani error handling. By the way di sini kita tidak berbicara tentang code maupun program bot telegram, tapi kita bicara bagaimana memformat pesan di telegram, dan dampak apabila terjadi kesalahan penulisan format.

 

Memformat pesan menggunakan markdown ( tidak semua bot kita mendukung )

Seperti yang di jelaskan pada dokumentasi telegram, bot telegram dapat mengirimkan pesan ke pengguna telegram dengan format tertentu. Penggunaan format markdown secara lengkap ada pada teks berikut ini.

Membuat teks tebal *Teks tebal di sini*

Membuat teks miring _Teks miring di sini_

Membuat teks garis bawah __Teks garis bawah di sini__

Membuat teks tercoret tengah ~Teks tercoret di sini~


Membua teks spoiler ||Tuliskan teks spoiler di sini||

Menambahkan URL Hyprlink aktif 
[Teks yang tampil](http://netzku.com/post/format-pesan-di-telegram)

Menambahkan emoji, silakan ganti id emoji dengan id emoji anda.
![👍](tg://emoji?id=5368324170671202286)

Menambahkan sebuah Blockquote 
>Teks ini akan berada dalam blocquote
>Juga teks line ini akan menjadi blockquete bergabung ke yang atas.

Menuliskan code programing python
```python
Berikut ini adalah code jenis python, indentasi dan space di pertahankan.
```

Menuliskan code dengan block code, tapi tidak pertahanin indentasi.
```
Kode ini akan di muat dalam satu blok.
```
Melakukan tag/penyebutan orang di grup chat. Ganti user id dengan id user yang ingin di sebut.
[Nama Yang tampil](tg://user?id=123456789)

Pahami code di atas, dalam beberapa kasus di butuhkan parameter berupa emoji id, user id, dan juga lenguange seperti yang di contohkan menulis kode python tanpa merusak indentasinya.

 

Memformat pesan menggunakan tag HTML ( Suppported )

Bot core versi terbaru saat ini sebagian besar mendukung code html sebagai formating. Bila pelanggan ingin mengupdate bot mereka agar support markdown seperti di atas, silakan hubungi via contact @ryanx. 

Penggunaan code HTML cukup berbeda menggunakan simbol-simbol seperti halnya markdown v2 di atas. Penggunaan HTML, akan menghasilkan error apabila pesan tidak di format dengan benar. Dan error nya tidak akan kelihatan, perhatikan baik-baik cara menyusun format pesan menggunakan HTML Code seperti di bawah ini.

Perhatikan code di bawah ini, ganti code yang bertuliskan deskripsi atau URL dummy.

<b>Teks tebal di sini</b>
<strong>Teks tebal</strong>

<i>Teks garis miring</i>
<em>Teks garis miring</em>

<u>Teks Garis bawah</u>
<ins>Teks garis bawah</ins>

<s>Teks bergaris tengah</s>
<strike>Teks bergaris tengah</strike>
<del>Teks bergaris tengah</del>

<span class="tg-spoiler">Teks spoiler</span> 
<tg-spoiler>Teks spoiler</tg-spoiler>

<a href="http://www.contoh-url.com/">Teks biru yang di klik</a>

<pre>Membuat blok kode, teks di sini</pre>

<code>Teks code yang dapat di salin</code>


<pre><code class="language-python">Teks blok kode python mempertahankan indentasi.</code></pre>

Menambah emoji, ganti id emoji dengan id emoji anda.
<tg-emoji emoji-id="5368324170671202286">👍</tg-emoji>

Menyebut pengguna, ganti user id dengan user id yang di sebut.
<a href="tg://user?id=123456789">Nama sebutan yang muncul</a>


<blockquote>Membuat blokuote, blocquote.</blockquote>

Kode HTML di dukung di sebagian besar bot telegram yang kita buat sejak tahun 2021, pemilihan code html adalah agar pesan dapat di display dengan baik oleh browser maupun oleh penampil telegram. Saat ini hanya 3 bot yang support menggunakan Markdown, yaitu bot telegram yang di buat pada tahun 2023.

Berikut ini adalah panduan video cara memformat pesan bot telegram via Command Inserted. Bahkan anda bisa memformat sendiri pesan tersebut melalui code editor yang sudah di berikan.

 

Gunakan code dengan teliti, kesalahan dalam pemasukan code akan berakibat pesan tidak muncul di sisi telegram, khususnya pengguna yang menggunakan code sandar HTML. Adapun tujuan artikel ini di buat untuk menjawab pertanyaan dari client, dia bertanya bagaimana cara memformat pesan di telegram, membuat pesan berwarna biru dapat di klik, dan sebagainya.

Butuh jasa pembuatan bot telegram? silakan hubungi @RyanX di telegram.