Bot telegram penuh dengan layanan pihak ketiga

Layanan pihak ketiga

Mungkin kalian pernah melihat bot telegram canggih dengan banyak fitur eklusif di dalamnya. Bot tersebut merupakan wujud dari pengaplikasian banyak nya layanan pihak ketiga. Bukan dari bot itu sendiri yang canggih, tapi mengambil data dari pihak ketiga.

Ada dua jenis teknik mengambil data pihak ketiga. Teknik pertama di capai dengan cara scraping/crawling, pada teknik ini agak sedikit rumit karena jika layanan pihak ketiga mengubah struktur data mereka, maka bot harus menyesuaikan ulang. 

Cara kedua, menggunakan Rest API. Cara ini lebih awet dan lebih baik, penggunaan api mempunyai sifat long terms support, dan bertahan dalam waktu yang cukup lama. API merupakan layanan jembatan yang memang di sediakan oleh pihak ketiga untuk bertukar data aplikasi.

Berikut ini adalah contoh bot telegram yang memanfaatkan layanan Scraper/Crawling.

  • SpyOnbot ( scraping data pemerintah, BPJS ID, NIK, dll. ).
  • Bot toko online, terintegrasi dengan layanan pembayaran.
  • ChatBot AI ( scraping data aplikasi AI publik buat dapat akses gratis ).
  • DoodStreamDownloaderBot, biasa di lengkapi dengan fitur scraping.

Dan berikut ini contoh bot telegram dengan Rest API.

  • PinkShtBot ( terkait dengan API PINK.MY.ID )
  • WarungSwapBot ( terhubung dengan berbagai layanan API WEB3 Crypto )
  • MovieSearchBot ( terhubung dengan API WP-JSON nya Wordpress )
  • GdriveBot ( terhubung dengan API Google Cloud Plafform )


Tiap bot mempunyai rahasia tersendiri mengenai layanan pihak ketiga mana saja yang mereka gunakan. Tidak ada yang mengetahuinya, buat kamu yang pengen bikin bot telegram, wajib menunjukan dengan jelas mau pakai layanan API dari mana saja.

Bot telegram yang terhubung ke thirparty api jelas lebih mahal daripada bot telegram biasa atau bot sederhana crud, transfer data, etc.  Developer, butuh waktu juga untuk mempelajari sistem kerja API layanan pihak ketiga. Mempelajari API gak mudah bor, kalian belajar sendiri kalau mampu, bahkann 1 bulan pun belum akan sanggup paham.

Bukan hanya bot telegram dengan API, tapi bot telegram scraping juga lumayan rumit untuk di pelajari. Rumit karena data website yang di tampilkan selalu berubah-ubah setiap kali di minta, mau gak mau kita harus mencoba banyak percobaan dan mencocokan parameter yang tepat untuk mengekstraksi data tersebut. 

Apabila di kemudian hari website yang di scraping berubah, misalnya menambahkan recapcha pada layanan mereka, maka rintanganya akan lebih rumit lagi. Bot harus di program untuk solve ( melewati capcha tersebut ), dan mengambil data.  Secara khusus, bot dengan konsep scraper lebih banyak bermasalah di bandingkan bot telegram yang hanya menggunakan rest API.

 

Jangankan layanan API pihak ketiga, bot di Netzku saja menggunakan API telegram untuk terhubung. Cara ini di pilih  karena lebih handal terhadap ribuan permintaan dibandingkan menggunakan metode long poling, metode long poling sama seperti scraping tapi memang API nya sudah di sediakan sendiri oleh telegram.

Mekanisme long poling adalah meminta data ke server telegram secara terus menerus tanpa henti, dan apabila mendapatkan data baru maka data tersebut segera di proses. Ketika jumlah permintaan rame, mekanisme long poling akan mengalami gangguan yaitu delay latency. Sementara metode Webhook jauh lebih cepat, karena telegramm sendiri yang akan mengirimkan ulang data apabila terjadi kegagalan tidak perlu memprogram script yang rumit hanya untuk menghandle data.

 

Tips mencari API penyedia layanan API

Pahami terlebih dahulu program bot telegram yang akan di buat, lihat kebutuhanya. Kalau bot telegram yang membutuhkan layanan untuk menerima pembayaran dan memeriksanya secara otomatis, kamu mungkin membutuhkan penyedia pembayaran "Payment Gateway". Bisa cari di Google rekomendasi layanan payment gateway yang mudah di pakai, dan tidak perlu izin khusus.

Jika bot telegram yang akan di buat merupakan bot milik orang lain, cobalah contact hubungi pemilik bot. Tanyakan kepada mereka stack apa saja yang di gunakan, layanan API mana saja yang di aplikasikan. Meskipun itu merupakan rahasia, beberapa pemilik bot mungkin mau memberikan jawaban.

Masih belum paham mengenai layanan API, hubungi kita segera. Ceritakan jenis fitur apa yang ingin di buat, maka kita bisa merekomendasikan layanan pihak ketiga sebagai penyedia API.

 

Kapan harus menggunakan Layanan pihak ketiga?

Kamu akan membutuhkan layanan pihak ketiga bila mendapati suatu kegiatan yang tidak dapat di lakukan oleh program sederhana. Contohnya, untuk memeriksa transaksi masuk di rekening bank, tidak mungkin bisa di laksanakan oleh program script bot telegram. Hanya pihak ketiga yang bekerja sama dengan perbankan yang dapat memberikan informasi.

Untuk lebih jelasnya, pahami dulu apa saja yang bisa di lakukan oleh bot telegram. Bot telegram dapat menyimpan data, membaca data, dan menghapus data  ( CRUD ). Bot telegram dapat memanipulasi data seperti : Edit foto, video, dan audio.  Bot telegram bisa mentransfer data dari server A ke server B.

Beberapa pustaka tambahan mungkin akan menambah kemampuan dari program bot itu sendiri. Pustaka TensorFlow untuk membuat kecerdasan buatan, Pustaka WEB3 dapat digunakan untuk menambah fitur dukungan ke server Node WEB3 Kripto.

 

Mau bikin bot apapun serahin saja ke netzku, kita open layanan jasa bot telegram siap pakai tanpa perlu coding. Dengan dukungan keberlanjutan, gratis maintenance, layanan kita memastikan bot telegram yang ingin anda buat dapat terus berjalan.

Miliki bot telegram kamu hanya dengan biaya berlangganan termurah Rp 1000/hari, yuk berlangganan sekarang juga. Hubungi @ryanx di telegram, kirim chartflow pembuatan bot yang kamu suka.

Kita menghosting lebih banyak bot, melakukan penelitian dari lebih banyak program bot, setiap penemuan akan mengoptimasikan program bot yang telah di buat. Konsumsi lebih rendah sumber daya, untuk pekerjaan yang lebih banyak. Tapi, kita butuh biaya untuk melakukan semua hal itu. Biaya berlangganan anda akan mendukung keberlanjutan project ini.