Shared payment untuk bot yang menggunakan Pembayaran Otomatis

Rekening bersama Netzku Merchant Shared

Hai, saya selaku developer bot telegram, dalam hal ini ingin menceritakan banyak sekali pengalaman mengenai development bot telegram. Selain kemarin kita cukup banyak mengalami masalah dengan layanan Google, kini ada lagi masalah. Bot telegram tidak dapat di jadikan sebuah bisnis atau layanan toko online yang membutuhkan kemampuan akses dari payment gateway, terkecuali bot tersebut mempunyai website khusus.

Selama ini pelanggan kita fine-fine saja ketika bot telegram mereka menggunakan layanan payment gateway.  Tapi mereka memang mempunyai website bisnis sendiri, entah itu hanya sebatas landing page, ataupun sebuah website yang di rancang khusus ( login page ).

Khusus bot telegram yang hanya fokus pada program bot mereka tanpa ada segi web nya, akan kesulitan menggunakan payment gateway. Kesulitan tersebut adalah ketika layanan pembayaran meminta informasi mengenai website bisnis, dan juga informasi dokumentasi berusaha NIB, NIK, NPWP, dan dokumen lain yang di butuhkan.

Daripada kesulitan memenuhi persyaratan tersebut ada baiknya netzku menawarkan layanan sharing payment. Cara kerja nya sederhana, setiap program bot telegram yang lolos peninjauan untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan layanan, dapat menggunakan layanan pembayaran atas nama bisnis Netzku.

Pelanggan tidak di kenakan biaya untuk penggunaan ini, biaya tambahan per transaksi akan di tambahkan ke pengguna akhir Rp 100-500, tergantung jenis metode pembayaran yang di gunakan. Dan apabila pembayaran sukses, maka saldo pelanggan yang di bayarkan akan masuk ke kanto balance Netzku anda.

Balance yang masuk akan otomatis di kirim ke rekening utama anda setelah masa kliring berakhir, biasanya berkisar 2-3 hari dengan biaya di potong dari jumlah uang yang di transfer.  Pengadaan fitur ini di maksudkan untuk mempermudah penggunaan, daripada harus mempersiapkan persyaratan yang rumit, mengajukan dokumentasi yang tidak semua orang bisa punya.

Untuk mempersiapkan layanan pembayaran bersama, Netzku menggunakan kombinasi dari beberapa penyedia layanan pembayaran seperti Tripayment, LinkQu, Xendit, Midtrans, dan Order Quota. 

Apabila salah satu dari layanan pembayaran tersebut mengalami gangguan sementara, maka otomatis akan switch ke layanan pembayaran lain.  Nama yang muncul sebagai merchant pembayaran pada saat payment adalah  nama perusahaan penyedia pembayaran, dan nama merchant Netzku.

Fitur ini akan di wujudtkan dalam waktu dekat, ini adalah salah satu keunggulan dari penggunaan layanan bot hosted. Dimana anda tidak perlu mempersiapkan persyaratan yang rumit, biaya yang mahal, hanya untuk menjalankan sebuah bot telegram.

Pelanggan yang membeli script bot secara langsung tidak mungkin mendapatkan dukungan seperti ini, bahkan mereka hanya mendapatkan script bot only dimana fitur nya terbatas, dan tanpa dukungan dari developer. Maksud dari tanpa dukungan adalah : apabila mengalami kendala seperti program error, dan kesulitan lain maka semua di tanggung sendiri.

Dukungan untuk layanan pembayaran bersama membutuhkan modifikasi dari program bot yang berjalan. Jika anda pernah menyewa bot di kita, dan ingin integrasi ke layanan pembayaran silakan hubungi developer.

 

Upadate 4 Mei 2024, Sudah aktif

Pembayaran Merchant

Layanan payment otomatis sudah aktif, dan saling ter-integrasi dengan user commision. Bagi yang belum paham mengenai komisi, sedikit kita jelaskan. Komisi merupakan sebuah reward yang di berikan kepada owner pemilik bot sebagai imbalan hasil, ketika mereka mempromosikan bot tersebut ke orang lain. 

Ini adalah program affiliasi, seperti shopee affiliate. Dimana kamu tidak perlu mengemas produk, mengelolah produk, cukup bagikan tautan project bot telegram yang sudah di order. Biasanya muncul pada menu affiliate, pada menu affiliate terdapat tautan installasi.

Antara saldo yang di kumpulkan oleh bot yang kamu punya dan saldo komisi terpisah, meskipun terpisah ketika melakukan permintaan penarikan, maka semua saldo yang terkumpul akan terpotong.  Penarikan dana saat ini masih di proses secara manual, dengan sistem proses paling lambat 1x 24 jam.

Tapi waktu tersebut jauh lebih cepat di bandingkan waktu menunggu masa kliring dari payment gateway.  Bagian paling penting yang wajib di pahami ketika menggunakan rekening bersama yaitu biya. Netzku menambahkan biaya 2% dari setiap transaksi member, hingga akumulasi harga akhir dari pembayaran pelanggan akhir adalah Fee Merchant + Biaya Netzku.

Biaya ini adalah biaya umum, bahkan layanan sekelas Trakteer, Saweria, KitaBisa mengenakan biaya per transaksinya dari setiap pembayaran pengguna akhir. Perbedaanya hanya pada penanggung biaya, penanggung bisa di bebankan kepada owner ( pemilik merchant ) atau costumer ( pembeli ).

Membebankan biaya transfer pada owner/merchant akan jadi lebih berat, karena biaya VA bank sekitar Rp 4500/transaksi, E-Wallet  min Rp 1000 dan 3%/transaksi, dan Qris mendapatkan biaya Rp 0.75% + 750/ transaksi. Biaya tersebut merupakan biaya payment gateway. Sedangkan penggunaan Qris merchant, biaya MDR ( Merchant Discount Rate ) di kenakan pada Pemilik/owner merchant.

Total harga akhir pada biaya yang bersifat persentase adalah Ewallet persentase nya menjadi 3% + 2% = 5%, Qris kena biaya 0.75% + 2% = 2.7%, dan sementara biaya tetap lainya hanya mengalami pertambahan 2% saja.

Ada yang lebih murah lagi untuk mengurangi biaya merchant. Pada bot yang membutuhkan transaksional, ada metode fitur pembayaran manual, yang dimana admin owner bot dapat mengkonfirmasi secara manual. Untuk menggunakan ini mereka harus menambahkan rekening bank sendiri pada metode payment.

Catatan, dukungan terhadap layanan pembayaran bersama tidak di khususkan untuk penipuan, bot perjudian, pornografi, atau kegiatan yang merugikan orang lain. Harap laporkan layanan/bot telegram yang menyalahi aturan pada developer di @ryanx di telegram.