Berapa harga jasa pembuatan Bot telegram?

Berapa harga bot telegram

Pertanyaan yang sangat bagus, dan sering sekali di ajukan, kami hampir setiap ada client baru selalu bertanya apakah ini benar ini jasa pembuatan bot telegram?, berapa biaya pembuatan bot telegram? bisa bantu bikin bot ini?. Pertanyaan tersebut berulang kali di jawab, dan tak ada hentinya. Kita paling sangat tidak menyenangkan apabila pelanggan datang hanya bertanya panjang lebar, namun memutuskan untuk tidak jadi order/beli.

Begini, harga jasa bot telegram bervariasi tergantung tingkat kompleksitas dan fitur. Hitung saja, harga minimal pesan adalah Rp 250.000 dan tidak ada harga batas maksimal untuk membuat program bot telegram. Ibaratkan sebuah rumah, semakin lengkap dan kompleks fitur nya maka akan semakin mahal harga.

Sebagai perbandingan, kita pernah membuat bot telegram E-Ticketing, yaitu sistem pelaporan tiket sekolah untuk perihal informasi alat yang rusak di export ke spreadsheet berbentuk XLS file. Harga pembuatan bot tersebut 250ribu, dengan fitur yang relatif sederhana.

Atau kita pernah membuat bot telegram toko online, sebuah bot di khususkan untuk menjual produk digital, seperti account premium, voucher game, ataupun koin lain, dengan mekanisme pembayaran otomatis, full panel manajemen. Harga pembuatan untuk bot tersebut adalah 600ribu.

Harga pembuatan sangat bervariasi tergantung permintaan. Jangan meminta banyak, apalagi yang kompleks jika tidak sanggup membayar lebih banyak harga. Cukup buat bot sederhana saja, request di kita bot sederhana dengan tarif murah Rp 250.000. Mau lebih murah lagi? Bisa bikin sendiri saja, kalau sanggup, beli sendiri server bot nya.

 

Apa ada biaya berlangganan bulanan?

Ada, bot telegram membutuhkan server, mana ada bot telegram bisa online sendiri. Program yang di buat dengan coding sebelumnya harus di jalankan di sisi server, kita memberikan tarif yang sangat murah untuk biaya server. Namun biaya tergantung pada tingkat komputasi, bot kelas berat akan memakan sumber daya yang lebih banyak dan mahal, sementara itu bot sederhana akan memakan sumber daya yang lebih kecil dan ringan.

Sebagai perbandingan, kita masih mentoleransi harga Rp 500/hari, atau dalam 1 bulan hanya Rp 14.500 saja. Bot telegram kelas berat bisa memakan harga Rp1000/per hari hingga biaya Rp8000 per hari. Semua tagihan adalah harian, tapi di butuhkan credit balance untuk menghindari transaksi kecil-kecilan yang dapat meningkatkan biaya transfer bank.

Tidak ada bot telegram yang bebas biaya, meskipun anda punya code bot sendiri yang di dapatkan dari Github. Untuk menjalankan program bot tersebut di butuhkan biaya, asumsikan anda menginstall pata laptop sendiri. Biaya kuota internet + Biaya listrik, tidak mungkin absen. Bot telegram membutuhkan sumber daya, dan bukan merupakan bagian dari layanan telegram. Bot adalah program pihak ketiga yang tidak ada kaitanya dengan telegram, mereka hanya bertukar data saja berdasarkan perintah.

 

Apakah bisa membeli source code?

Tentu saja bisa, asalkan anda bisa membayar biaya lisensi penuh. Berdasarkan pengalaman kita sebelumnya, sebuah program bot telegram yang di buat bisa laku sampai lebih dari 300x salinan. Jumlah ini akan terus bertambah banyak apabila di jual ke lebih banyak orang lagi, sekiranya apakah ada yang sanggup membayar lisensi yang tidak terbatas tersebut?

Program bot telegram ini bukan opensource, batas minimal order untuk source bot telegram di kita, bot sederhana minimal order 2.5juta. Untuk bot telegram kelas menengah dan kelas berat 5-10 jutaan. Semua bot telegram akan di lengkapi dengan web panel, tidak hanya sebatas script python doang. Mana bisa telegram mengelolah ribuan bahkan ratusan data dari bot.

Biaya tersebut hanya biaya untuk membayar jasa developer ( Programer ), biaya server nya di tanggung sendiri oleh pembeli. Pada saat pembelian bisa langsung minta di installkan di server IDcloudhost, DigitalOcean, atau Heroku. Bebas, tapi kita tidak bertanggung jawab terhadap maintenance server, dan update rutin program bot tersebut.

Garansi bug dan error di berikan hanya 7 hari, revisi hanya pada error. Tidak menerima revisi tambah fitur, sering kali pelanggan bertindak seenaknya. Mereka malah memaksa tambah fitur, dan menahan-nahan dana pelunasan jika tidak di tambah fiturnya. Semua di kerjakan berdasarkan workflow/chart flow.

 

Bisa request bot telegram untuk spreadsheet?

Bisa jika anda paham spreadsheet, google sheet tidak seperti yang anda bayangkan. Untuk dapat terhubung ke API Google di butuhkan sebuah account di Google Cloud Console, akun tersebut adalah akun developer bukan akun pengguna biasa. Yang jelas pengguna biasa akan kewalahan jika di ajak bermain-main dengan Google Cloud Console, di sana ada banyak sekali fitur yang asing.

Sebelum menggunakan spreadsheet, pengguna harus membuat account Cloud Console, mendaftarkan project baru, membuat aplikasi baru, membuat credensial baru, mengajukan verifikasi aplikasi untuk di setujui penggunaan publiknya. Aplikasi pada mode testing/unverified masih dapat digunakan, tapi akan selalu bermasalah ketika sudah melakukan refresh token sampai 100x.

Pengguna harus login dan meng-otorisasi ulang setelah 100x  melakukan refresh token. Perlu di ketahui, akses ke Google Spreadsheet API menggunakan token Google. Token google expired dalam waktu kurang dari 1 jam, dan harus di refresh ketika ingin digunakan. Kode Refresh token akan expired setelah digunakan sebanyak 100x atau mencapai batas 1 bulan.

Jika pembeli paham dengan mekanisme tersebut silakan ajukan pembelian / order bot telegram berbasis spreadsheet. Atau bisa ikut layanan kita, dengan menggunakan Applications yang di sediakan oleh Netzku, dan pelanggan harus berlangganan di Netzku.com untuk layanan billing dan pembayaran mereka.

 

Bagaimana dengan maintenance, berapa biayanya?

Semua bot telegram di netzku.com di maintenance secara berkala tanpa membebankan biaya pada pengguna. Perawatan rutin meliputi, 1. Membersihkan cache server, restart server setidak nya satu kali sebulan, memperbaruhi library update, menambal bug/error, pemulihan backup bila server crashes, melakukan backup data rutin, meng-upgrade server apabila tingkat penggunaan sumber daya tinggi dan menaikan biaya sewa, server di monitoring setiap hari.

Semua biaya terkait maintenance tidak di bebankan kepada pelanggan akhir. Itu sudah jadi pekerjaan Enginer, mereka bertanggung jawab dalam menentukan server node mana yang di butuhkan untuk bot, menghapus, mengupdate, menambahkan, dan sebagainya. Pelanggan hanya terima jadi dan siap menggunakan bot tanpa perlu khawatir memikirkan masalah server.

 

Apakah bisa update fitur, dan berapa biaya nya?

Ya, semua pelanggan di jasa bot telegram by netzku selalu memperbaruhi dan menambah fitur bot mereka. Awal mula membuat bot telegram yang sederhana, namun ketika melihat bot nya berguna, banyak manfaat, mereka tertarik untuk menambahkan fitur-fitur tertentu dalam bayangan mereka.

Setiap pengadaan fitur baru selalu akan ada biaya beradasarkan tingkat komplesitas dan kerumitan pembuatan. Bisa baca kembali paragraf pertama di atas, sudah saya garis bawahi. Semakin kompleks fitur akan semakin mahal harga, tapi untuk penambahan fitur minimum order adalah Rp 50.000

Pelanggan harus menyerahkan chartflow/gambar langkah kerja terkait bagaimana fitur tersebut bekerja, sistemnya seperti apa, dan tidakan yang akan terjadi seperti apa. Kita akan meng-estimasikan biaya, bisa negosiasi, tapi kalau kita menolak artinya harga tidak bisa di tawar.  

Dan seperti biasa, chartflow yang sudah di ajukan dan sudah di sepakati bersama tidak bisa lagi di ubah sekecil apapun. Mengubah chartflow bisa diskuisikan harga ulang, bila biaya harga sudah di bayarkan hasil akhir dari diskusi bisa di transfer kembali tambahanya. Kita hanya menerima perubahan apabila fitur belum di kerjakan.

 

Bisa buat bot telegram crypto, atau bot downloader?

Bot telegram kripto bisa asalkan layanan terkait menyediakan API, bot telegram scraping maaf belum. Bot telegram scraping tidak di dukung di layanan sini, banyak sekali bot telegram scraping membutuhkan update rutin setiap beberapa minggu sekali agar selalu meet sesuai dengan halaman website yang mereka grabber. Di sini layanan tidak menyediakan bot yang butuh intensitas maintenance yang tinggi, fokus pada bot telegram sustainable.

Sementara itu, untuk bot downloader bisa. Bot downloader bisa di buat asalkan tautan yang mau di grab/fetch/download merupakan direct link dan tidak iframe by iframe seperti playar doodstream. Link download yang terlalu banyak pengalihan kita tidak support, banyak bot downloader yang bisa di coba untuk menggrabing files yang di otorisasi, di sini belum mendukung baypass apapun.

Pada intinya bot ilegal yang yang tidak resmi belum di dukung sepenuhnya. Bukan karen tidak sanggup, tapi bot tersebut membutuhkan rutinintas tinggi terhadap update, lihat saja layanan pihak ketiga hampir setiap hari/minggu melakukan core update karena situs web atau tautan yang di grab berubah terus menerus.

 

Seberapa persen  sustainability bot telegram?

Lama durasi bot telegram sangat bervariasi, pada umumnya bot telegram di kita 100% dapat beroperasi dalam waktu yang lama. Core selalu di update ketika ada pembaruhan dari kebijakan telegram, server di maintenance secara rutin, semua bot di monitoring untuk selalu dapat online 24x7 dengan minimal not response.

Terkait susainable atau tidak, itu tergantung pada pelanggan sendiri. Jika mengacuh pada pengalaman kita berbisnis di mulai dari 2020 hingga sekarang, banyak bot telegram tidak di pakai karena di tinggalkan oleh pemiliknya dan tidak di perpanjang lagi.

Sangat di sayangkan, program yang di buat dengan susah payah, mencari pengalamanya setahun lebih malah di tinggal begitu saja. Sudah di beri penawaran harga murah, namun merasa tak memiliki. Hanya sebagian kecil pelanggan yang bertahan dalam jangka 1 tahun, 2 tahun, paling lama 3 tahun sejak awal kita berdiri di domain ryanid.my.id

 

Era sekarang lagi jaman-jamanya subcriptions service ( layanan berlangganan ) bahkan telegram sendiri menghadirkan fitur berlangganan pada layanan mereka. Dan sekarang telegram mengeluarkan fitur Bussiness yang hanya dapat di gunakan oleh pengguna berlangganan. Semoga saja Netzku bisa lebih menguntungkan agar bisa ikut partisipasi dalam telegram premium, tidak hanya berkecukupan melulu finansialnya.

Telegram bussiness ternyata harus bayar

 

Dengan adanya artikel ini semoga tidak ada lagi pertanyaan yang menghabiskan banyak waktu. Daripada tanya jawab panjang x lebar, sebaiknya siapkan saja chartflow, kasih ke kita biar langsung di kasih tahu estimasi berapa biaya pembuatan.

Kalau belum meet atau belum pas harga di sini, bisa cari harga developer lain. Di sini hanya menyediakan jasa pembuatan bot telegram hosted, yang berfokus pada kerja bot bukan berfokus pada koding. We not give coding or developer programer yang di sewa, we are agency/or service that give service bot telegram instan siap pakai.

Banyak juga pelanggan yang memanfaatkan jasa kita hanya untuk mendesain template sistem engine. Dimana mereka membeli/order jasa hanya untuk membuat sebuah program jadi, lengkap full dengan panel mereka. Lalu menyewa jasa developer khusus untuk meng-clone program seperti yang kita buat. Suatu yang sangat di sayangkan, jika ingin menghargai beli lah full source code di kita dengan harga yang sudah tertera di atas.