Bahasa pemrograman untuk membuat bot telegram

Membuat bot telegram menggunakan PHPBot telegram dapat di buat dengan berbagai bahasa pemrograman, mengacuh pada dokumentasi telegram API sangat simpel sebenarnya untuk membuat bot. Bikin bot akan jadi sulit apabila membutuhkan banyak fitur, kompleksitas yang tinggi, jumlah data yang beragam, dan kebutuhan akan fitur ekslusif. 

Bot telegram berbasis HP dapat di buat dengan segala jenis kekuranganya. Umumnya bot telegram yang di bangun menggunakan bahasa PHP akan menggunkana pustaka telegram seperti MadelineProto, TelegramBot, Banyak pustaka lain.

Setiap pustaka mempunyai kemiripan, tapi beda dalam penerapanya. Ada yang menggunakan penerapan long poling, yaitu membangun koneksi terus menerus ke server telegram. Setiap kali permintaan akan berlangsung selama 2-3 menit, dan bot dapat menerima data dari server telegram secara langsung.

Metode kedua menggunakan webhook, ini lebih stabil dan dapat di andalkan. Menggunakan webhook kita perlu mendaftarkan callback webhook ke server telegram. Untuk caranya semuanya sudah di bahas dalam dokumentasi API lengkap, bisa di baca langsung di https://core.telegram.org/bots/api

 

Tantangan dan kesulitan dalam membuat bot telegram

Tantangan pertama yang sering di alami adalah terkait server. Tidak semua web hosting server dapat mendukung menjalankan program bot telegram. Kita pernah mencoba bot telegram berbasis PHP di hosting idcloudhost, warnahost, bizned. Hasilnya tidak memuaskan bot telegram kebanyakan delay.

Bot dengan konsep long poling membutuhkan akses administrator, kenapa? karena kita butuh mendaftarkan PHP script ke proses latar belakang alias daemon. Jika server hosting tidak menyediakan ke fitur akses level root yaitu perintah pncntl atau exec gak bisa langsung menjalankan bot telegram.

Masala lain yakni terkait kompleksitas. Masalah ini sudah menjadi masalah umum, banyak teman programer kita memcahkan dan menemukan permasalahan terkait problem solving dalam pengembangan bot telegram berbasis PHP. Apa sih masalahnya? Masalahnya itu telegram API punya keterbatasan dalam menyimpan dan mengelolah data dalam jumlah besar.

Semakin banyak fitur dan fungsi membuat kode semakin rumit untuk di kelolah. Padahal bot telegram hanyalah sebuah program apps script biasa, namun seiring banyak kemauan dan permintaan fitur akhirnya bikin bot jadi semakin rumit dan sulit. Tidak hanya sebatas menguasai dokumentasi telegram API tapi juga harus menguasai cara menyelesaikan permasalahan.

Menggunakan Python jauh lebih baik dibandingkan PHP, tapi python punya masalah dalam penggunaan resource. Bot berbasis python akan membutuhkan sumber daya server lebih besar, wajib di install pada server yang mempunyai sofware python, terakhir harganya relatif mahal.

 

Apa saja yang harus di kuasai untuk bisa membuat bot telegram?

Menguasai bahasa pemrograman PHP, minimal bisa mengenal berbagai jenis fungsi-fungsi umum dalam PHP.  Beberapa pustaka di bangun dengan konsep OOP ( Object Oriented Programing ), juga harus bisa menggunakan composer, menginisiasikan class, dan membaca dokumentasi terkait.

Kedua, memahami dengan baik dokumentasi telegram API. Dan masalah ini merupakan paling rumit yang pernah ada, bayak developer pemulakesulitan membaca dokumentasi lantaran sifatnya ricch ( banyak banget informasi ).

Halaman dokumentasi akan menjelaskan bagaimana cara kita terhubung ke server telegram, menyiapkan bot, format pesan, type data, endpoin, field parameter, method, teknik cara melakukan komunikasi pengiriman via POST, GET, PUT dan sebagainya. Tidak semua nya harus di hafalin, tapi minimal bisa memahami setiap dokumentasi.

Api telegram versi terbaru adalah 7.1, akan lebih banyak lagi fitur dan endpoin yang di tambahkan ke dalam fitur API Ini. Dan sebagai developer wajib memahami apa saja yang baru, tidak sulit kalau sudah terbiasa membaca dokumentasi. Dan dokumentasi tersebut di tulis dalam bahasa inggris yang tidak dapat di terjemahkan secara langsung dengan google translate.

Menerjemahkan secara langsung akan mengubah penafsiran, nama-nama kode fungsi, dan juga akan mengubah pemahaman kita. Pemahaman atas dasar bahasa inggris di butuhkan dalam hal ini. Secara singkat kemampuan yang di butuhkan adalah,

  1. Bisa mengoperasikan server baik itu VPS atau Hosting.
  2. Menguasai bahasa pemrograman PHP dasar, OOP, dan Composer.
  3. Punya kemampuan dalam bahasa inggris untuk membaca dokumentasi.
  4. Bisa memahami dokumentasi API ( tanpa ada kesalahan penafsiran ).

 

Berapa butget yang harus di siapkan untuk bot telegram?

Anggaran yang harus di siapkan untuk menjalankan bot telegram sangat bervariasi, anggaplah menggunakan hosting mungkin sekitar 30-50 ribu per bulan dengan sumber daya terbatas. Atau mungkin ingin menggunakan VPS bisa 70-100ribu per bulan nya, harga yang cukup mahal yah.

Mau gratis bisa di install di server pribadi, beli saja STB bekas yang di jual di marketplace. Install linux, nanti bisa di pasangin server di sana. Meskipun sudah beli sendiri tetap saja harus bayar kuota nya. Masa bot gak pake koneksi internet, ya gak mungkin server telegram ada di internet.

Bisa nggak di install di komputer lokal? Bisa, program bot telegram bahkan bisa di program dengan bahasa pemrograman shell. Mau di install di mana saja bisa asalkan punya koneksi internet, dan bisa menjalankan program bot telegram.

 

Menurut saya API telegram lumayan cukup bagus untuk di manfaatkan sebagai program berbasis chat minimalis. Sementara whatsapp, API mereka di jual dengan harga yang relatif mahal. Banyak penyedia unofficial API whatsapp menawarkan harga lebih tinggi hanya untuk mengakses API saja, harga api whatsapp 90rb - 500rb perbulan.

Walau sudah beli API kalau mau bikin program bot juga wajib di koding sendiri dan di integrasikan sendiri. Hanya telegram yang memberikan layanan API mereka secara cuma-cuma, sehingga kita bisa menghasilakan penghematan yang luar biasa. 

Selama kami menyediakna jasa bot telegram murah, telegram banyak digunakan oleh instansi maupun organisasi dalam bekerja. Anak telkom pekerja jaringan, kepolisian, yayasan non profit, pedagang UMKM, Sekolah, menggunakan telegram untuk layanan mereka.

 

Bikin bot telegram yang sustainable

Hampir semua jenis bot telegram sustainable, itu dulu ya. Sekarang beda, telegram sudah sering banget melakukan update terhadap API mereka. Update tersebut sangat mempengaruhi bagaimana program dapat ber-interaksi dengan telegram. Walaupun telegram jarang menghapus sebuah endpoin/perintah yang sudah di tambahkan sebelumnya.

Apa sih sustainable itu? Sustainable, adalah program yang mempunyai kemampuan atau dapat di pergunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencapai ini, di butuhkan maintenance rutin. Log server di bersihkan, bug-bug baru di tambal dan di perbaiki, ikut serta dalam pembaruhan API berdasarkan kebijakan baru telegram.

Github menjadi repositori paling lengkap untuk mencari source code bot telegram. Rata-rata semuanya sustainable, karena di kelolah oleh komunitas. Siapa saja dapat berkontribusi dalam mengembangkan project tersebut.

Project nya gratis kok bisa di pakai, asal sedikit punya kemampuan dalam bidang komputer ( coding dan servers ). Kalau mau bikin dari nol, haduh.. Bagi pengguna baru mungkin akan malesin, banyak menghabiskan waktu dan uang.

 

Jasa bot telegram menyediakan jasa  untuk pembuatan bot telegram murah. Open price kita mulai dari 250rb - 1 jutaan aja, boleh mulai dulu dengan project kecil-kecilan. Client kita selalu memulai dengan project kecil-kecilan, kemuidan terus di update fitur hingga menjadi project yang lumayan besar.

Kami juga menyediakan layanan server, sehingga tidak perlu repot mencari layanan server pihak ketiga. Yang pasti bukan server ilegal/oplosan, server murni. Jangan tanya harga bulanan berapa, di sini pay as you go ( bayar sesuai penggunaan saja ).

Sistem kita punya kemampuan untuk menyesuaikan budget anggaran dana yang akan di bayarkan  selama rentang waktu tertentu berdasarkan kapasitas penggunana. Bahkan anda sendiri bisa menonaktifkan program bot untuk mencegah penagihan billing sementara. Selengkapnya hubungi saya di telegram