Bot server telegram dan virtual server

Server bot telegram

Mungkin ada yang belum tahu mengenai bot server untuk telegram, bot server terbagi menjadi dua. Pertama kita membangun server mandiri yaitu software untuk menjalankan program, software ini di pasang dan di install dalam sebuah server virtual. Server virtual merupakan layanan yang kita beli / order dari pihak ketiga, kenapa di sebut sebagai server virtual? 

Karena server tersebut merupakan virtualisasi dari pembagian sumber daya server fisik. Jadi penyedia layanan server mempunyai server fisik yang lumayan gede, lalu sumber daya nya di pecah dan di bagi menjadi beberapa bagian. 

Untuk menjalankan bot telegram kita setidaknya membutuhkan server, apapun bisa jadi server laptop, pc, atau STB yang sudah di pasangi OS Lunux. Yang penting bisa online 24 jam, dengan spesifikasi minimal 1GB ram, dan 1 core CPU, sudah bisa memproses bot telegram.

Bot telegram CRUD biasa membutuhkan sumber daya yang lumayan kecil. Hanya saja jumlah lalu lintas atau kegiatan proses data untuk bot telegram cukup besar, per detiknya bisa memproses ribuan permintaan. Hal ini setiap tindakan harus di proses dan terhubung ke server.

Sekarang sudah paham kan apa itu server dalam bot telegram? Jika kamu punya pengetahuan mengenai bahasa pemrograman CLI minimal python kamu bisa membuat bot telegram sendiri. Gunakan pustaka populer seperti Pyrogram atau Telethon untuk membangun bot telegram. 

Logika aplikasi bisa di bangun sesuai dengan keinginan sendiri.  Untuk database bisa gunakan SQL Lite atau Biasanya yang sering di pake adalah PosgressSQL. Setelah program selesai di buat, waktunya untuk di online kan di server real bukan di pasang di laptop, kecuali kalau laptop atau pc kamu online 24 jam.

Setelah habis banyak waktu untuk develop bot juga harus membeli server, saya merekomendasikan Idcloudhost harga vps untuk 1 core mulai dari 85ribuan aja, atau bisa juga di DigitalOcean sekitar 87 ribu per bulan.

Sudah kebeli server mau gak mau kalian urus itu server, install OS nya, habis itu install juga software untuk menjalankan python. Intinya kalian kelolah sendiri, hingga sampai bot berhasil online sepenuhnya. Mau lebih hemat lagi? beli STB yang dapat di jadikan server, nanti kalian pasangin simcard dari By.U beli paket data sekitar 14GB harga nya 35ribuan.

Mau gimanapun kalian kalau mau buat bot telegram tetap saja harus bayar. Urusan server gak bisa main-main, dan gak kompromi. Saya sendiri sudah experiment dan mencoba berulang, berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari biaya pelanggan selama menjadi jasa penyedia bot telegram.

Berbagai cara sudah di lakuin, kalau cuma ambil dana hasil dari biaya jasa itu gak nutup. Kita yang kerjanya ber jam-jam, tapi di bayar seuprit. Sisanya dana akan lari ke server, ini pekerjaan berdasarkan ilmu pengetahuan, bukan seperti orang jualan pulsa.

Membuat bot telegram sendiri tidak akan menutup kemungkinan biaya anggaran yang akan kamu keluarkan bisa lebih murah. Tetap saja kamu keluar setidaknya 50rb, bot telegram yang mengumpulkan data tidak mungkin tanpa menggunakan web dashboard admin, kecuali bot nya sederhana.

Khusus bot yang mengumpulkan data butuh Website sebagai UI untuk mengatur konfigurasi, apa iya mau nampilin data dari CLI? kan kocak, intinya dalam satu server yang sama kita harus membuat beberapa server. Di antaranya server untuk bot, ini memfasilitasi komunikasi antara telegram dengan server aplikasi kita.

Server untuk web ini memfasilitasi kita dalam mengatur, memanage, dan mengelolah data yang di hasilkan oleh program bot tersebut. Mungkin ada pertanyaan, apakah bisa di jalankan pada server yang hanya mendukung bahasa pemrograman PHP? 

Ya bisa, bisa banget!

Tapi kamu harus memprogram bot nya dengan bahasa pemrograman PHP, dokumentasi telegram API sangat lengkap di kelasnya. Bisa merujuk pada dokumentasi api telegram untuk membuat bot telegram menggunakan PHP, ada banyak pustaka bot telegram yang dapat digunakan. Tapi ingat, bedakan antara CLI dan FPM, web hosting standar  tidak mendukung menjalankan PHP CLI.

Jadi mau gak mau kamu harus menggunakan PHP FPM, bisa merujuk dokumentasi resmi API telegram, bikin framework sendiri atau gunakan yang sudah jadi. ini adalah referensi membuat bot telegram dengan PHP FPM gunakan Pustaka https://telegram-bot-sdk.com/

Analogi sederhana nya, jika kalian masih belum paham. Server ibaratkan sebuah komputer/HP ada fisiknya, sementara itu server untuk bot adalah software atau aplikasi yang dapat menjalankan program dari bot yang sudah kita tulis sebelumnya. Asumsikan server adalah HP, bot telegram adalah aplikasi nya.

Mau buat bot telegram sendiri? Daripada menghabiskan banyak waktu, untuk belajar membuat dan memprogram bot telegram sendiri. Percayakan pada Netzku, jasa pembuatan bot telegram instan siap pakai dan gak perlu coding. Harga bersahabat, bahkan kamu bisa purchase product bot telegram yang udah jadi. Gak perlu bayar biaya mahal untuk menewa server bot, Netzku sudah meng-online kan banyak sekali bot servers.