Bagaimana cara kerja telegram Bot? kok bisa otomatis

Bagaimana cara kerja bot telegram, kok bisa otomatis?

Banyak yang belum tahu dan salah dalam memperoleh kesimpulan, kita kumpulin informasi dari sebagian besar pelanggan. Mereka hanya mengetahui kalau bot telegram hanya sebuah bot yang di buat dengan @botfather, dan mereka berfikir kalau cuma seperti itu saja seharusnya gratis, kenapa harus bayar.

Di sini kita luruskan kembali, botfather adalah akun spesial yang di sediakan oleh telegram untuk memanage akun bot. Apa itu akun bot? Akun bot adalah akun khusus yang di sediakan oleh telegram, akun ini hanya dapat di kendalikan oleh program, akun bot berbeda dengan akun biasa. Saat membuat akun bot tidak di butuhkan nomor ponsel, dan username wajib di akhiri dengan kata bot.

Akun bot tanpa program tidak akan bisa berjalan, mereka hanyalah sebuah akun mati. Lalu, bagaimana caranya agar akun bot dapat merespon perintah, menjawab pertanyaan? Harus di buat program khusus untuk mengendalikan akun bot, program ini biasanya berjalan di sisi server.

Server berperan untuk menjalankan program, menyimpan data, dan memberikan response. Sampai di sini sudah paham? jika anda membeli jasa bot telegram, itu artinya anda sedang menyewa jasa seorang untuk membuat/program aplikasi server untuk berinteraksi mengendalikan akun bot telegram.

 

Kenapa Bot telegram Membutuhkan server?

Seperti penjelasan sebelumnya, bot telegram merupakan program aplikasi berbasis server. Dia berbentuk app eksternal yang dapat di jalankan di berbagai platform, baik itu windows, android, ios, macos, linux dan sebagainya. Dengan catatan punya koneksi internet stabil, dan bisa menjalankan python/php/golang.

Server adalah komputer/devisce eksternal yang tidak ada hubunganya dengan telegram. Fungsinya hanya satu, untuk mengelolah data, memproses masukan input, dan menghasilkan keluaran. Jadi apabila kamu menjalankan bot telegram pada server, itu artinya server kamu terhubung ke server telegram untuk menjalankan program.

Gampang saja, install termux/linux kernel di android, cari source program bot telegram sederhana di Repositori publik Github jalankan. Biarkan HP tetap Online, bot akan terus merespon. Jika HP mati kehabisan baterai atau kuota berlanggana internet habis, bot akan berhenti merespon.

 

Kenapa bikin bot telegram mahal?

Ya biaya operasionalnya mahal bagi sebagian orang, biaya operasional aja sudah di cap mahal, apalagi order jasa pembuatan bot telegram wah kacau. Gak bisa kebayang gimana cara mu membayarnya, mungkin ada pertanyaan lain, bisakah kita membuat bot telegram tersebut secara gratis?

Bisa donk, kata siapa gak bisa. Kamu tinggal cari source code program bot telegram yang opern source di repositori github, kemudian cari juga web hosting server yang menawarkan layanan gratis/trial/ujicoba.

Kalau dulu ada Heroku, pengguna baru mendapatkan sumber daya gratis dengan kapasitas 555 jam dyno hours. Atau deploy aja ke vercel, di sana bisa mendapatkan server gratis dengan akses terbatas. Kamu sudah bisa mendapatkan bot telegram gratis, dengan sedikit effort.

 

Berapa kapasitas daya server yang di butuhkan?

Tergantung penggunaan, dan tingkat kerja program. Program yang berat membutuhkan spesifikasi tinggi, contoh program edit video cloud, downloader berbasis cloud, dan akan membutuhkan sumber daya server yang lebih besar untuk memproses permintaan.

Setelah sumber daya, kalikan. Kalikan sejumlah sumber daya server dnegan jumlah user aktif bot, ketika lebih banyak user aktif maka akan lebih banyak lagi sumber daya server yang di butuhkan. Kita pernah memasang bot telegram sederahana File to Link Bot dengan fitur Forcesubs, dia berjalan pada spesifikasi hosting server minimal.

Namun ketika pengguna nya bertambah, kebutuhan akan sumber daya semakin besar. Bot telegram yang berjalan pada sumber daya rendah akan lebih sering mengalami not responding, crashes, error, dan sebagainya. Yang membuat kegitaan kita di bot jadi tidak menyenangkan.

Saya rasa kapasitas 4GB ram, 2 Core VCpu, 500Mb disk I/O, 1GB Network sudah cukup untuk menghandlling bot telegram yang bekerja untuk transfer dan kirim file antar server. Contoh Bot @screenshotit_bot, bot telegram untuk membuat screnshoot dari video document yang di download dari cdn server telegram.

 

Saya punya pc windows server, apakah bisa?

Server windows seperti yang di operasikan di sekolah-sekolah bisa di manfaatkan untuk membuat menghosting bot telegram. Biasanya server tersebut digunakann untuk  media sharing files atau media penyimpanan NAS.

Jika server ini terhubung dan mempunyai akses internet, anda bisa saja menambahkan program bot telegram. Install software python untuk membuat bot telegram berbasis python, atau install PHP untuk membuat bot telegram berbasis PHP. 

Gunakan ISP IP publik untuk dijadikan sebagai IP default host server, biasanya ISP akan memberikan ip khusus untuk digunakan sebagai komunikasi server. Bot telegram yang menggunakan webhook juga membutuuhkan SSL, bisa download SSL di ZeroSSL untuk di pasang di server windows.

 

Pengadaan bot telegram memang harus di rencanakann terlebih dahulu peruntukanya, tidak sembarang dalam mengadakan bot telegram. Banyak pelanggan yang mengadakan bot telegram tanpa perencanaan, dan tujuan yang jelas.

Pada akhirnya bot telegram yang di buat tidak bermanfaat, hanya buang-buang uang saja. Jika memang tertarik dengan bot telegram dan ingin belajar membuat bot telegram, bisa langsung belajar bahasa pemrograman saja. Ngoding, belajar membuat bot telegram sederhana. Manfaatkan fitur dari windows untuk menghosting bot telegram.