Pilih bayar server bulanan atau bayar beberapa bulan?

Setiap layanan aplikasi yang di jalankan secara host pasti membutuhkan server. Server merupakan bagian terpenting dari terciptanya internet. Server menyediakan insfrastruktur untuk memungkinkan terjadinya komputasi dan juga transfer data ke seluruh dunia.

Server dapat menjalankan program, menyimpan data, dan menyediakan layanan internet untuk pertukaran data tersebut di layanan Global Network. Orang yang membuat blog, menginstall cms wordpress sudah pasti menggunakan server.

Mau beli server yang di kelolah atau mau beli server mentah ( virtual server ), semua tergantung kebutuhan. Beberapa orang mungkin memlih membeli Webhosting sebagai layanan server mereka. Web hosting merupakan server juga, tapi di kelolah oleh perusahaan penyedia hosting.

Kelemahan menggunakan hosting adalah kebanyakan trouble, hosting yang di beli merupakan server shared atau berbagi. Membeli hosting dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan, tapi kita tidak punya kontrol yang lebih besar terhadap server tersebut.

Ada juga server yang lebih besar, server besar ini di sebut juga dengan virtual server. Kenapa di sebut virtual server? Karena ini merupakan produk virtualisasi dari pembagian sumber daya perangkat luna. Penyedia layanan memasang insfrastruktur besar untuk mendukung komputasi.

Perangkat keras tersebut mempunyai sumber daya termasuk CPU, RAM, STORAGE, NETWORk. Sumber daya inilah yang di virtualiasikan melalui metode KVM virtualisasi. Sehingga dari sebanyak banyaknya sumber daya tersebut dapat di bagi menjadi beberapa server virtual, dengan begitu harga jual akan lebih murah.

Dalam membeli server, kita di arahkan pada tagihan yang harus di bayarkan. Ada model bulanan, beberapa bulan, hingga tahunan. Kamu ada di bagian mana? Membeli produk beberapa bulan, atau lebih memilih berlangganan secara bulanan?

Kalau menurut kami, ada baiknya kita membeli server secara bulanan daripada membayar untuk jangka waktu yang lama. Untuk sebuah server, terkdang ada sesuatu yang tidak terduga yang dapat mengganggu keberlangsungan dari aplikasi kita.

Web hosting yang sering berkendala menyebabkan gangguan pada layanan kamu. Dengan berlangganan bulanan dapat memberikan fleksibelitas yang lebih tinggi, apabila mereka selalu gangguan maka kita bisa berpindah ke provider lain agar layanan dapat segera Online tanpa gangguan.

Gangguan server itu sangat cukup sulit untuk di lacak. Tapi kalau pakai aplikasi uptime untuk memonitor bila terjadi kendala itu bisa mendetesi. Terkadang perusahaan web hosting sengaja berbohong kepada publik mengenai produk mereka, klaim uptime 9.9%, tapi down time tiap hari.

Ketika kita berlangganan di layanan web hosting indonesia, dan bekerja lebih sering dengan web ada kalahnya sering menemukan web low responding. Terkadang error Host Error. Kejadian ini terjadi dalam waktu singkat, walaupun singkat itu sering terjadi.

Bayangin kalau kita menjalankan sistem daemon process yang tidak di kontrol tiba-tiba server mati. Bisa terhenti proses latar belakang tersebut. Ada banyak penyebab server mengalami kendala, mulai dari konektifitas jaringan yang kurang baik, pengelolaan server yang tidak terstruktur ( kadang pemilih server sengaja memberikan lebih banyak slot kepada orang agar lebih untung ).

Dari semua kendala yang ada bayar bulanan adalah solusi terbaik. Apalagi kalau sebuah perusahaan biasanya laporan keuangan di dapatkan saat akhir bulan. Kalau berlangganan tahunan, akan mengalami kerugian yang signifikan apabila pelayanan server dari penyedia selalu bermasalah.

Investasi/topup saldo kamu akan hangus secara cuma-cuma. Pihak penyedia mungkin tidak akan mau menerima proses reffund dana, apabila pemakaian sudah cukup lama. Sama seperti pelanggan saya, di wh mereka beli hosting terus di perpanjang 700k. Setelah di perpanjang banyak kendala.

Mungkin hanya itu saja, jika kamu tertarik dengan topik ini bisa folow labels topik berikut yaa.