Privasi pengguna bot telegram Hosted ( skala luas )

Telegram mengharuskan setiap bot untuk memberikan tautan yang mengarah ke penjelasan terkait detail privasi pengguna, pengumpulan data, serta bagaimana cara bot kita mengelolah data pengguna. Berikut ini adalah terkait privasi pelanggan, dan bagaimana cara kita mengelolah data pengguna.

Pihak yang terlibat dalam hal ini bisa di jelaskan dalam kalimat berikut ini. Telegram = Penyedia aplikasi cloud messaging, Kita/Kami = Sebagai entitas layanan Netzku bersama owner bot, Kamu = Kamu adalah pengguna bot telegram ( individu/kelompok ),Owner Bot = Pemilki atau seorang yang mengoperasikan bot telegram, Pihak ketiga = Layanan/Entitas bisnis pihak ketiga yang kita jadikan sebagai parnert kerja sama.

 

Pengumpulan data pengguna

Dengan menggunakan bot yang di hosting oleh netzku kamu setuju terhadap pengumpulan data pengguna untuk tujuan identifikasi pengguna, dan verifikasi layanan pembayaran. Kami mengumpulkan data seperti Nama, Email, UserID Telegram, UserName pengguna untuk tujuan identifikasi. 

Nomor Hanphone + Email di pergunakan pada bot telegram yang menggunakan mekanisme pembayaran. Data ini akan kami catat untuk mengirimkan invoice/maupun resi pembayaran ke nomor terkait sekaligus identifikasi siapa pembeli yang sebenarnya. 

Kemudian untuk ID telegram dan nama, digunakan sebagai identifikasi tidak baku. Nama digunakan untuk memanggil/mengidentifikasi pengguna unik di telegram, sementara itu id telegram di kumpulkan untuk mengirimkan pesan terkait, melakuan penyebutan kepada pengguna terkait di telegram atas nama bot yang sedang ber-interaksi.

Selain itu MiniApps yang kamu buka dari layanan bot telegram akan mencatat alamat IP yang kamu gunakan serta menggunakan cookies peramban pengguna. Semua pengumpulan data di lakukan murni oleh Netzku selaku layanan yang menghosting bot telegram, dan sama sekali tidak ada kaitanya dengan Layanan Telegram itu sendiri.

 

Penggunaan Data 

Kami tidak menggunakan data yang di kumpulkan untuk tujuan penargetan iklan.  Layanan bot telegram netzku tidak bekerja sama dengan penyedia iklan manapun. Data pengguna yang di kumpulkan di pergunakan untuk mengidentifkasi dan mempersonalisasikan akun mereka sendiri. 

Kami juga membagikan data kepada layanan pihak ketiga tergantung layanan apa saja yang di pergunakan oleh bot terkait. Untuk layanan pembayaran, kita menggunakan beberapa layanan pihak ketiga di antaranya :

  • Xendit ( Baca kebijakan privasi Xendit )
  • Tripayment ( Baca kebijakan privasi tripay )
  • Tokopay ( Baca kebijakan privasi tokopay )
  • Digiflazz ( Baca kebijakan privasi digiflazz )
  • Google Analistik ( Baca kebijakan analistik )
  • Google Gmail ( Baca kebijakan Gmail ) 

Sebelum menggunakan layanan Bot kami, pastikan kamu sudah membaca kebijakan privasi setiap layanan yang di gunakan/pihak ketiga yang di gunakan oleh layanan Netzku. 

 

Perlindungan Data 

Komitment kita melindungi data pengguna dari akses yang tidak wajar dan kebocoran data, kami menggunakan metode enkripsi khusus terhadap data sensitif sebelum di simpan ke database. Hanya ada satu kunci yang dapat membuka data tersebut, sehingga kitra yakin semua data tersimpan sangat aman bahkan bila seorang mendapatkan akses ke kumpulan data mereka tidak dapat membuka data terkait tanpa kunci. 

Kemudian, data lama yang sudah usang ber-usia 6 bulan hingga 1 tahun akan di hapus dari layanan Netzku  data ini  mencangkup : 

  • Nama, email, id telegram, no hanphone pengguna yang tidak aktif berinteraksi dengan bot 
  • Riwayat transaksi yang sudah lebih dari 5 bulan ke belakang.
  • Alamat IP serta cookies identifikasi yang tersimpan saat menggunakan MiniApps
  • Rekening privadi, alamat kripto jika ada.
  • Dan data riwayat aktifitas lainya jika bot telegram mencatat data tersebut. 

Perlu di ketahui pihak ketiga yang bekerja sama mempunyai mekanisme dan cara perlindungan data sendiri, kita harap kamu membaca dan setuju dengan persyaratan dan ketentuan layanan serta privasi mereka. Tidak setuju, artinya tidak dapat menggunakan program bot terkait.

 

Penghapusan data & Permintaan penghapusan

Secara default kita menghapus data usang, namun kamu dapat meminta penghapusan data lebih awal dengan mengirimkan pesan terkait ke masing-masing owner bot telegram tempat di mana bot telegram tersebut di miliki/di jalankan oleh pemilik.

Mualai 1 jan 2025, setiap owner bot telegram yang menghosting bot mereka di layanan  netzku akan di lengkapi dengan fitur penghapusan data manual. Fitur ini memungkinkan pemilik bot lebih leluasa untuk menghapus secara cepat data pelanggan mereka. 

Saat ini permintaan penghapusan data hanya dapat di lakukan dengan meminta request penghapusan, dan memberikan alasan terkait kenapa ingin menghapusa data. Setelah data di hapus, kamu sudah tidak lagi dapat menggunakan program/bot terkait. Jika kamu ber-interaksi kembali dengan bot atau program terkait maka data akan di catat ulang sebagai data baru.

 

Pemrosesan Data 

Kami mengelolah data pengguna yang di input dari telegram, termasuk pemrosesan data kepada alat/program kecerdasan buatan. Beberapa bot/program bot yang kita hosted mungkin membagikan data kepada mesin kecerdasan buatan untuk di diolah dan di modifikasi untuk menghasilkan data baru berupa Generatif Content.

Jika kamu tidak setuju dengan pemrosesan data, dan pembagian data kepada mesin kecerdasan buatan, maka kamu hanya perlu berhenti dan tidak melanjutkan/mengirim data pribadi apapun terhadap bot telegram yang meminta untuk data tersebut.

Pemrosesan AI melibatkan data teks, gambar, video, dokumen, voicenote dan data-data lain. Pelanggan bot telegram di sarankan untuk tidak memberikan data sensitif pada program bot telegram berbasis kecerdasan buatan, serta hindari mengunggah foto wajah asli.

Kita tidak punya akses ke layanan pengelolaan data pihak ketiga, dan juga bagaimana data tersebut di olah, di sebarkan, dan di simpan. Pastikan kamu membaca setiap layanan privasi yang di berikan pada bot telegram terkait yang menggunakan mesin kecerdasan buatan.

 

Persetujuan & izin 

Dengan menggunakan layanan program bot yang di sediakan oleh owner terkait, termasuk kita sebagai layanaan jasa penyedia bot. Maka kamu setuju dengan kebijakan privasi dan cara kami mengumpulkan data, setiap data yang di kumpulkan merupakan bagian dari operasional dan prinsip kerja dasar bot telegram.

Kita sendiri bukan merupakan bagian dari telegram, penggunaan layanan telegram hanya sebatas pada input data. Jadi, aplikasi telegram kami pakai untuk menginput data dari telegram. Sebagai contoh saat kamu mengirimkan pesan lewat bot telegram, pesan tersebut di teruskan oleh server telegram ke layanan Server Netzku atau bot apapun yang menghostingnya. 

Tidak ada izin khusus yang perlu di berikan, karena kita tidak menggunakan data pelanggan untuk tujuan penargetan iklan, kita tidak juga tidak menjual data pelanggan. Menggunakan layanan artinya anda setuju dengan prinsip kerja aplikasi bot, dan juga mekanisme pengumpulan data mereka. Jika tidak setuju, kamu bisa berhenti menggunakanya dan meminta penghapusan data segera.

 

Demikianlah kebijakan privais terkait penggunaan data, penyimpanan data, berbagi data, yang telah kami buat dan di nyatakan ke publik. Pastikan untuk selalu membaca kebijakan privasi penggunaan data ini sebelum menggunakan program secara berkala. Privasi ini dapat saja berubah tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada pengguna bot yang ada di telegram.

 

Terakhir di sunting Sabtu, 30 Agustus 2024 23:30