Cara membedakan perintah kustom dan config

Di netzku semua bot telegram di berikan kebebassan untuk menambah jumlah perintah, membuat percabangan perintah. Misalnya ketika kamu membuat perintah /start, dapat di tambahkan tombol button inline maupun tombol keyboard yang mengarah ke perintah lain. Gabungan dari antar perintah ini dapat membentuk suatu percabangan seperti halnya folder, di dalam folder terdapat file.

Meskipun di beri kebebasan, kamu tidak boleh menghapus perintah default/bawaan. Perintah bawaan merupakan perintah alami yang sudah di integrasikan dengan program, entah itu python, node, golang dia sudah mendefinisikan perintah bawaan. Jika kamu mengganti, menghapus huruf, mengubah sedikit saja syntak format perintah maka perintah tersebut akan tidak dapat dikenali oleh sistem.

Fungsi dari daftar perintah adalah memudahkan anda mengelolah seperti hapus, tambah, ubah perintah, tapi tidak dengan perintah bawaan yang sudah terintegrasi dengan program.  Jika perintah bawaan hilang, kamu dapat memulihkan perintah tersebut denngan menghubungi bantuan dari Netzku. Karena ini bukan merupakan layanan garansi, yang pasti ada biaya untuk mendapatkan dukungan support.

 

Perintah yang bukan perintah, tapi configurasi 

Terkadang program yang di buat harus menambahkan banyak konfigurasi pada pengaturanya untuk berjalan, contoh pesan yang di buat khusus untuk pelanggan yang belum subcribe. Perintah konfigurasi ini biasaya di berikan preffix env_{NAMACONFIG}. Anda tidak boleh menghapus perintah yang merupakan konfigurasi sistem, ini di pergunakan untuk menampilkan data kepada pelanggan.

Jenis data pada perintah konfigurasi bergaam, baik itu unicode, json, utf-8, maupun teks lain dengan kombinasi yang sesuai. Anda tidak di bisa mengedit perintah yang merupakan konfigurasi, tapi kami tidak melarang. Dengan konsekuensinya, program akan error atau terhenti bekerja apabila perintah yang kamu masukan tidak sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

 

Untuk membantu anda agar lebih mudah dalam memahami cara membuat perintah, kami sudah membuat video panduan khusus bagaimana cara menyusun perintah, menggunakan perintah, dan mengedit perintah. Dalam video panduan youtube di bawah ini berisikan 15 menit, panduan mengatur perintah untuk bot telegram ( semua jenis bot telegram yang pernah di order di Netzku Store ).

Silakan lihat videonya, gunakan waktu santai jangan terburu-buru untuk memahami perintah. Bukan hanya perintah, jika program bot yang anda beli sangat kompleks dan lengkap, akan banyak sekali fitur yang harus di pahami dan di pelajari cara penggunaanya. So, pengembangan software sangat tidak mudah dan tidak praktis, kami berusaha membantu untuk memperkenalkan kepada pengguna mengenai fitur yang sangat banyak tersebut, jangan khawatir.

 

Memahami Jenis Trigger 

Jenis trigger adalah penggolongan, parameter ini akan menggolongkan perintah tersebut akan merespon perintah apa? misalnya dia mau merespon perintah yang di kirim oleh tanda slash garis miring contoh /start, maka jenis trigger yang di pilih adalah "Command Biasa".

Jika kamu ingin merespon tombol inline keyboard ( yaitu tombol di bawah layar ), maka pilih saja "Respon inline keyboard", pilihan ini cocok dengan teks biasa. Misal kamu mengirim nama perintah langsung, maka nama tersebut akan di respon oleh bot.

Jika kamu sudah membuat susunan tombol, tombol yang berada di tepi pesan dengan callback tertentu. Maka pilih Respon edit callback, penggolongan ini akan menandai pesan anda sebagai edit pesan ketika tombol button di klik.

Kemudian ada juga Respon kirim pesan ketika callback, fungsi dari ni adalah untuk mengirimkan pesan baru ketika button callback di klik. Kamu juga dapat mencentang hapus pesan sebelumnya untuk menghilangkan jejak tombol lama. Mekanisme pendekatan seperti ini digunakan apabila ingin mereplace/mengganti pesan tindakan sebelumnya yang tidak bisa di edit.

Respon Popup alert on callback, pilihan ini ketika key pair callback di dapatkan maka ia akan memberikan respon pesan tersebut sebagai popup alert. Popup alert hanya akan muncul sebagai alert biasa tidak akan mengedit atau menghapus tombol, kecuali kamu secara explisit mencentang hapus tombol setelah di respon.

 

Menggunakan string pengganti 

Jika ingin menambahkan nilai dinamis pada teks caption perintah, misalnya nama pengguna, username pengguna, id telegram pengguna, dan lain-lain silakan saling kode berikut ini. KeyPairny akan menggantikan teks template dengan nilai sesungguhnya.

  • {USERNAME}
  • {MENTION}
  • {USER_ID}
  • {USER_STATUS}
  • {DATE}
  • {DATETIME} 

Username menampilkan username pengguna jika ada, mention mengetag nama dengan teks biru, userid menampilkan id telegram pengguna date, menampilkan tanggal saat ini waktu wib, date time menampilkan waktu dan time saat ini.

 

Ganti token bot A ke token Bot B semua Gambar attachment perintah tidak berfungsi!!!

Hati-hati ketika mengganti token bot telegram dengan token bot telegram lain, jika pada perintah sebelumnya sudah berisikan banyak sekali gambar maupun attachment seperti doc, audio, video, dll. Maka attachment tersebut tidak dapat digunakan, itu akan menyebabkan pesan tidak terkirim dan error. Telegram menyimpan file_id untuk identifikasi file, file_id untuk setiap bot sifatnya unik.

Bahkan ketika file_id tersebut tersebar ke publik orang lain tidak dapat mengakses maupun mengirimkan file_id tersebut dengan bot lain, hanya bot anda yang dapat mengirimkan file_id tersebut sebagai attachment. 

Netzku menghargai privasi pengguna, jadi tidak menyimpan attachment yang anda kelolah. Semua attachment yang di kirimkan saat membuat perintah langsung di kirim ke API server telegram, salinan file akan ada di channel database yang anda buat yaitu TMP Channel. Tapi, meskipun kamu menghapus file pada TMP channel, semua attachment file_id yang berhasil di unggah ke server telegram akan tetap dapat di gunakan.

TMP channel hanya sebagai objek virtual, tempat program mengirimkan/mengunggah file ke server telegram dan mendapatkan identifikasi berupa file_id yang dapat digunakan untuk mengirimkan document berkali-kali.