Cara membuat bot PPOB Telegram

Bot telegram topup games dan PPOB

Pernah mendengar istilah bot toko online telegram? Atau bot PPOB telegram? Sekilasnya nampak asing, meskipun sekarang sudah ada banyak sekali bot telegram toko online. Tapi, pernahkah kamu berfikir, gimana cara buatnya? Berapa harga source code nya? 

Niat kamu ingin memiliki program tersebut, tapi isi dompet tidak mencukupi. Sebenarnya, memiliki bot telegram sendiri di era saya dulu, merupakan harga yang sangat mahal. Karena harus sewa Hosting dengan minimal belanja 50rb. Asumsikan dengan harga 50rb sebulan, dan dalam satu bulan saya membayar biaya tagihan sebesar 1700 rupiah untuk meng-online kan bot.

Masalahnya bukan sekedar di biaya, tapi soal waktu. Untuk mendevelop bot telegram, butuh waktu yang sangat lama. Waktu yang lama karena telegram menyediakan dokumentasi yang sangat kaya, untuk menemukan fitur / api / mekanisme  tertentu, bagaikan mencari jarum di dalam tumpukan jerami.

Daripada ribet-ribet coding bot telegram, lelbih baik berlangganan bot SaaS di Netzku. Bot SaaS adalah sejenis bot telegram yang di sewakan sebagai layanan. Semua insfrastruktur, fitur, dan juga desain aplikasi sudah di atur oleh developer. Pengguna akhhir tinggal menikmati layanan, fokus ke bisnis atau pekerjaan mereka.

Adapun bot SaaS kali ini, adalah bot telegram toko online. Sebuah toko yang memungkinkan kalian mejual produk digital, seperti E-book, foto. video, karya desain, script program, template undangan, novel, hingga PPOB.  Sangat menggiurkan sekali bukan? apalagi telegram saat ini sudah mencapai basis pengguna yang cukup banyak, jadi kalau kita buka lapak di sana sudah pasti laku.

Bot ini menggunakan rekening bersama sebagai layanan pembayaran otomatis, dan juga  pembayaran manual. Semua transaksi yang terjadi di dalam bot di lakukan menggunakan saldo/credit. Penggunaan credit saldo jauh lebih effisien dan murah, dibandingkan pembayaran e-wallet atau virtual bank.

lalu bagaimana cara install bot nya? Simak tahapan berikut ini, tahap pertama harus punya akun di Netzku.com 

  • Buat akun netzku kalau belum punya, klik tautan register https://netzku.com/register
  • Setelah punya akun, isi saldo terlebih dahulu. Isi saja 100rb secara langsung.
  • Sudah punya keduanya? Install project ini pada tautan berikut ini https://netzku.com/install/MyShop
  • Tahap selanjutnya membuat akun bot di telegram.

 

Oh iya, biaya penyiapan server untuk bot ini sekitar 35rb. saat kamu mengetuk tombol install, maka credit akan terpotong dan aplikasi akan terpasang melekat di account netzku. Gak masalah, itu tandanya bot sudah siap untuk di konfigurasi. Bot ini membutuhkan beberapa paraneter kunci API untuk dapat bekerja. API telegram, dan API Digiflazz.

Mempersiapkan bot telegram :

  • Pertama, buka akun telegram kamu chat secara langsung ke @botfather
  • Kirim perintah /newbot ( kemudian masukan nama bot )
  • Masukan username bot  ( wajib unik dan belum di klaim orang lain )
  • Salin kode API token yang muncul di bot kamu. Dan simpann di clipboard/notepad.

Tambahkan TMP Channel  :

Tmp channel merupakan channel telegram private, yang hanya kita dapat melihat. TMP channel di gunakan untuk menampung file-file yang di kirim dan menempatkanya pada sisi sever telegram, sehingga bot program tidak perlu menyimpan mandiri gambar dan file produk mereka. Semua sudah di simpan oleh telegram dan pihak ketiga.

  • Setelah channel di buat,  kirim 1 saja pesan message ke channel tersebut.
  • Cari username @getIdsBot, chat kirim pesan start. 
  • Kembali ke tahapan pertama,  silakan forwading pesan teks tersebut ke tgIdsBo.
  • Pilh ids Only,  maka akan muncul id telegram, id kamu dan id channel. Kode id channel biasanya ada simbol min.

Terkadang TgIdsBot tidak merespon, kamu bisa gunakan bot Official dari Netzku. Klik tautan berikut ini https://t.me/NetzkuBot, pada menu perintah klik /get_ids, setelah itu baru forward pesan yang telah di kirim ke Channel TMP sebelumnya ke Bot ini.

 

Sekarang kamu sudah punya 1 bot token, 1 id user telegram, 1 id bot telegram. Login kembali ke manajemen dashboard Netzku.

  • Pada halaman beranda pilih program bot telegram yang sudah anda install.
  • Klik Menu pada bot yang kamu buat, pada menu akan muncul setelan klik saja pengaturan. 
  • Gambar tambahan
  • Pada menu setelan tersebut masuk ke tab API integrasi, tambahkan bot token kamu.
  • Kemudian masuk tab Config Settings, tambahkan kode id admin telegram, dan juga id TMP Channel.
  • Jika ingin menambahkan forcesubs, tambahkan id forcesubs grup/channel dengan catatan bot telegram sudah di jadikan admin dengan hak izin posting dan buat tautan undangan.

 

Setelah setup berhasil, kembali ke halaman beranda. Cek di halaman beranda, periksa apakah status bot sudah online atau offline. Kalau statusnya masih offline, artinya kamu harus melakukan online terlebih dahulu. Silakan klik pada logo icon pause, nanti bot akan online dan siap menerima respon dari telegram.

Bot telegram topup games dan PPOB

Bisa di lihat pada list program bot saya di atas, ada tombol start dan tombol pause. Untuk mengaktifkan bot klik tombol pause hingga berubah jadi tombol play button. Bot sudah aktif dan bisa digunakan, perhatikan di Menu custom commands pastikan sudah tersedia perintah start awal. 

Perintah start awal adalah sebuah perintah custom untuk menambahkan commands dan respon saat kita mulai berinteraksi dengan bot. Pada perintah ini juga dapati di kustomisasi sesuai dengan keinginan. Berikut ini tampilan salah satu custom commands start.

Kamu tidak bisa mengubah tombol bawaan yang sudah di tetapkan, tapi kamu masih bisa menambah dan membuat interaksi keterkaitan perintah yang lain. Misalnya menambahkan link website, menambahkan pesan privasi pengguna, dan kebijakan layanan.

Custom commands Start Bot toko online

Berapa harga bot ini? Bicara tentang bot, mungkin banyak yang sudah tahu kalau. Bot ini cuma seharga 35rb saja, dan sebagai software as a service. Dengan harga sewa daily Rp 678,- / hari. Harga yang cukup murah dibandingkan biaya makan harian sekitar 30rb.

Install sekarang juga bot nya sebelum harga berubah. Harga sewaktu-waktu dapat berubah, sesuai dengan tingkat permintaan dan juga fitur. Bot hosted jauh lebih banyak melakukan penambahan fitur baru, salah satu keunggulan yang tidak pernah di miliki oleh bot telegram custom.

Atau kamu punya ide ingin bikin bot custom sendiri? Jadikan ide kamu sebagai bisnis, buat bot custom di Netzku.com mulai dengan harga 250rb. Affiliasikan bot anda, dan dapatkan lebih banyak komisi. Berminat? hubungi saya di telegram https://t.me/ryanx