Penyebab Bot telegram sering Error

Bot telegram memang sering banget mengalami Error, hampir semua jenis bot telegram mengalami error semasa kerja nya. Kenapa bot telegram bisa error, apa yang terjadi jika bot error? Bot telegram dapat menjadi error karena di sebabkan oleh beberapa faktor, baik itu masalah sumber daya server, maupun program yang di rancang secara tidak tepat.

Dari sebagian banyak kasus bot telegram error lebih mengarah ke penggunaan sumber daya. Tahukah kalian bot telegram menggunakan banyak sekali sumber daya server, berbeda dengan aplikasi berbasis web biasa. Bot telegram memang sepenuhnya mengandalkan komputasi cloud, karena telegram tidak memproses data kita. 

Telegram hanya mengirimkan data input/ouput kepada pengguna. Misalnya, ada pengguna ber-interaksi dengan Bot. Server telegram menerima interaksi tersebut, data yang di berikan oleh pengguna di kirim ke server kita atau server kita dapat mengambil data tersebut secara mandiri dengan menggunakan pendekatan long poling.

Setelah selesai, program di server kita sendiri lah yang memproses dan mengelolah data tersebut. Hingga pada akhirnya response harus di kirim kembali ke server telegram dengan menggunakan protokol API atau protokol TCP/Socket. Dari sini saja sudah di ketahui komputasi sepenuhnya berasall dari server.

Jika memproses document yang berat-berat seperti pengeditan video, gambar, mengarsipkan zip, sumber daya yang di pakai bukan cuma sumber daya CPU. Tapi juga sumber daya jaringan, setiap kali program bot mendapatkan file gambar atau file lain ia harus mengunduh file tersebut terlebih dahulu dari server telegram ke cache tmp server sebelum memprosesnya.

Kebutuhan server yang tinggi, tapi aneh juga banyak yang install bot telegram pada kapasitas server yang rendah. Kok bisa? Iya lah, karena harga server itu tidak lah murah. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin mahal biaya yang harus di keluarkan untuk membayar sewa server tersebut. 

Mungkin ada yang bertanya, apakah pc/laptop bisa di jadikan server bot? Bisa kok, tapi kemampuanya akan lebih terbatas. Network yang biasa kita pakai dalam kegiatan sehari-hari mempunyai kecepatan 10-30Mbps itu lumayan kecil jika ingin membuat bot telegram yang memproses data besar dan digunakan oleh banyak users. 

PC/Laptop yang kita pakai sehari-hari tidak bisa bertahan dalam waktu lama pada kondisi hidup terus menerus. Sementara bot telegram harus online terus menerus, mati saja satu menit bot akan berhenti merespon ini sangat berdampak pada penggunaan bot. Orang yang sudah biasa dengan bot telegram merespon seketika, mereka akan melakukan spam chat ketika bot berhenti mersepon dan itu akan memberatkan server bot nanti ketika di hidupkan.

 

Bot mengalami crash karena sumber daya tidak cukup

Pertama kami pernah menginstall bot telegram file sharing atau di kenal dengan istilah fsubs bot pada hosting heroku. Memang ada versi gratisnya seharga 555 dyno hours, sekaligus kita mencoba paket berlangganan. Paket basic 5$ perbulan, dengan konversi harga dolar saat itu adalah 14.900/dolar maka kita bayarnya 74.500/ IDR hanya untuk server.

Bot ini bisa menghandling sampai dengan 5000 traffik saja, semakin banyak pengguna yang ber-interaksi dengan bot program nya berjalan lebih lambat alias lemot. Bot sering kali not responding ketika di gunakan, dan muncul error log server mengalami crash ketika tidak mampu menghandle ribuan traffik yang masuk.

Jika server crash, maksudnya proses daemon yang berjalan terhenti secara paksa. Harus di mulai ulang secara manual, di sini letak ketidak nyamanan tersebut. Kita harus terus-terusan menghidupkan kembali server bot ketika mereka offline pada jam-jam tertentu. Server bot sering kali mati ketika permintaan meningkat lebih dari 600 proses permintaan permenitnya.

 

Bot stoped karena response telegram berubah

Telegram tengah gencar-gencarnya memperbaruhi fitur dari layanan mereka, fitur developer juga ikut terpengaruh. Dalam bot telegram berbasis python, biasanya kita tidak selalu menggunakan mekanisme pengelolaan error secara terstruktur untuk semua tindakan.

Error yang tidak di kelolah pada program bot dapat menghentikan jalan nya program. Misalnya, ketika bot telegram mencoba mengirimkan sesuatu, namun karena ada parameter requirement pada API versi baru server telergram memberikan respons Error ini akan di terima oleh program kita dan mengembalikan error / crash.

Log error hanya dapat di lihat pada log server, bot yang di pakai di telegram tidak akan menunjukan apa masalahnya. Keculai jika kita sudah membuat program error handling yang sangat lengkap, dan mengirim nya kembali ke teleram ketika error tersebut terjadi. 

Jenis error ini banyak terjadi pada program/script bot yang tidak pernah di maintenance. Biasanya skrip/program gratisan, nah bagi kalian yang suka sama program gratisan ini adalah resikonya. Dimana program dapat mengalami masalah di tengah jalan dan tidak ada siapapun yang bisa membantu.

Jangan ragu untuk menggunaka jasa bot telegram seperti Netzku.com, daripada repot mencari kesalahan error, repot juga mainin server yang gak ada habis errornya. Mending serahin pada kita, sebagai pemilik bot kamu hanya perlu menerima jadi saja. Semua kebutuhan server, serta maintenance rutin kita yang kerjakan.

 

Server penuh/cache penuh

Bagi yang paham saja, seiring server berjalan itu akan menghasilkan disk penyimpanan penuh karena di gunakann untuk menyimpan log files dan cache sistem.  Penyimpanan yang dapat penuh adalah penyimpanan utama, seiring bot berjalan server akan terus menghasilkan sampah. 

Sampah ini terdiri dari Log, Cache, treat yang sudah tidak terpakai, tidak hilang dalam waktu lama. Kenapa sampah ini tidak hilang? Karena sampah ini merupakan file penting bagi developer, file ini akan berguna untuk melihat dan menganalisis penyebab error jika di butuhkan.

Sementara cache adalah berkas kecil yang di generate oleh server untuk mempercepat proses. Pada dasarnya server bot telegram memang harus di reset setiap beberapa bulan sekali, tanpa di reset semua penyimpanan mereka penuh. Sama halnya dengan perangkat Android, semakin sering di gunakan disk penyimpanan akan penuh.

Seorang harus membersihkanya menggunakan pembersih app cleaner agar dapat membebaskan lebih banyak ruang. Server yang penuh bisa menghentikan program yang sedang berjalan, dengan kode error NOT ENOUGHT SPACE / NO SPACE LEFT.

 

Server failure/kegagalan server

Ini masalah umum yang di sebabkann pada tingkat server, bukan pada tingkat user. Pada tingkat user kita berada pada mode lapisan paling pertama, sedangkan ini pada mode tingkat server. Pengguna serverless umumnya jarang mengalami masalah server, kegagalan server hanya terjadi pada pengguna VPS.

Bagaimana bisa terjadinya server failure? Ini terjadi karena adanya sistem yang tidak kompatibel dengan sistem sekarang. Bisa jadi kamu mengaktifkan program pembaruhan otomatis pada server, jika itu dilakukan maka di dalam sebuah server akan memperbaruhi paket-paket pustaka dan juga program mereka secara otomatis yang mungkin tidak kompatibel dengan program yang berjalan sekarang.

Bisa juga di sebabkan karena server berhenti menerima koneksi internet dalam beberapa waktu. Long poling yang di rancang untuk tidak terkoneksi ulang setelah terputusnya jaringan akan terhenti pada batas itu saja. Pada intinya kegagalan yang terjadi pada proses server akan mempengaruhi jalan nya program bot.

 

Banyak lagi terkait permasalahan bot telegram yang terhenti di tengah jalan. Jika ingin membuat bot telegram sebaiknya sewa developer yang berpengalaman, jangan membuat bot sendiri. Bot telegram itu software, anda harus punya pengetahuan dalam bidang komputer untuk dapat membuat program bot telegram ( kecuali hanya install program milik orang lain ).

Kami menawarkan jasa pembuatan bot telegram murah. Mulai dari 150rb, itu adalah harga penawaran untuk bot sederhana. Jika ingin membuat bot telegram sesuai keinginan dengan fitur custom bisa kita sesuaikan harga nya. Silakan inbox saya di telegram dengan username @ryanx