Server handal murah untuk menjalankan bot telegram

 

Mau menjalankan program berbasis bot telegram? jangan lupa, server adalah hal paling krusial dalam operasional program bot telegram. Gak cuma bot telegram, semua aplikasi berbasis cloud juga membutuhkan server agar dapat berjalan. Soal server gak bisa kita pake sembarangan, karena akan mempengaruhi performa program yang kita buat.

 

Ada beberapa jenis server yang mungkin bisa kamu beli untuk menjalankan bot telegram. Misalnya, layanan serverless. Serverless cukup populer untuk menjalankan aplikasi berbasis cloud seperti bot telegram, bot whatsapp, atau program cloud computing lainya.

Serverless bukan berarti tanpa menggunakan server, sama saja seperti server pada umumnya. Bedanya serverless kita tidak perlu melakukan konfigurasi server secara manual, mengelolah server secara manual, semuanya sudah di atur oleh penyedia.

Kamu tinggal memindahkan aplikasi ke layanan serverless dan memilih jenis runtime apa yang di pakai, misalnya aplikasi yang menggunakan PHP bisa menggunakan PHP sebagai runtime nya. Tidak ada setup server di sini, saat melakukan deployment kamu harus menyiapkan configurasi pertama untuk menjalankan aplikasi.

Selain serverless ada juga virtual private server, ini paling umum di gunakan. Server virtual merupakan server yang di buat dengan cara membagi sumber daya hadware ke dalam beberapa paket - paket kecil.

Untuk menggunakan VPS kamu harus menginstall sistem operasi mandiri, maintenance server secara mandiri, dan mengontrol server secara mandiri menggunakan terminal dengan sambungan koneksi SSH.

Bagi pengguna VPS kami merekomendasikan menggunakan manajemen panel untuk memudahkan mengelolah dan memajament program bot telegram. Tapi kalau kamu memang sudah familiar dengan menggunakan linux berbasis CLI, tidak perlu menggunakan manajemen panel. 

Panel server pengelolah VPS populer seperti aaPanel, Flesk, cPanel, CyberPanel, WebAdmin, CloudPanel, dan Webuzo umumnya populer di gunakan oleh pengembang web. Penggunaan panel memudahkan kita untuk memanagement program yang ada di dalamnya.

Bagaimana dengan server? Berikut ini ada beberapa server VPS yang wajib kamu coba, dan kita udah mencobanya.<br/>

 

IDcloudHost.com

Idcloudhost memungkinkan kamu untuk membuat KVM virtual server dengan harga terjangkau, hanya dengan Rp 87.000/bulan kamu sudah bisa mendapatkan virtual server dengan spesifikasi CPU 2 Core, 2GB Ram, 20GB disk Storage, 500 Mb/s Disk IO, dan 1GBps kecepatan jaringan. 

Spesifikasi yang di berikan sudah lebih dari cukup untuk membuat program bot telegram. Kamu bahkan bisa menjalankan program bot telegram yang di akses lebih dari 20 ribu pengguna bersamaan tanpa mengalami masalah apapun. 

Kita sudah pernah menggunakan layanan KVM yang di tawarkan oleh Idcloudhost, untuk response time jika menggunakan telegram API dan Webhook server data center indonesia memberikan  latency sebesar 700ms. Sudah cukup cepat kok, hal ini karena server bot telegram yang menjalankan API berada di  Amsterdam, Netherlands.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba idcloudhost? Daftar idcloudhost lewat tautan affiliasi berikut untuk mendapatkan harga promo. Promo Hosting murah IDcloudhost

 

DigitalOcean.com 

Ini layanan yang sangat mencetak sejarah, dari awal pertama kali kami belajar membuat website digitalocean sangat di gemari dan di sukai. DigitalOcean memberikan kredit gratis masa percobaan sebesar 100 dolar yang dapat kita gunakan untuk mencoba layanan mereka, ini yang membuat kami sangat suka dengan layanan digitalocean.

Kredit gratis 100 dolar dapat di pakai untuk belajar mengembangkan KVM, pada digital ocean virtual server di sebut sebagai Droplet atau tetesan air. Kamu bisa membuat droplet secara langsungg dan memilih sistem operasi yang di dukung Seperti Ubuntu, Fedora, Debian, CentOs, Rocky Linux. 

Atau kamu bisa mengistall windows desktop untuk di jadikan sebagai RDP ( Remote Desktop Protocol ), walaupun Digital Ocean tidak secara resmi mendukung RDP, untuk penggunaan pribadi dan tidak merugikan atau ilegal tetap bisa menginstall windows dengan catatan kamu harus mencari URL disk image yang cocok biasanya versi windows Windows 10 atau yang lebih lama.

Harga VPS Digital Ocean bervariasi, ada paket 4$ ( Rp 60.499/kurs 15.124) kamu bisa mendapatkan 524MB Ram, 1 Core CPU, 1GBps Network speed, 500Gb Max montly data transfer, 10GB ssd Disk Storage, dan yang pastinya I/O nya jauh lebih tinggi. 

Kamu bisa membeli VPS DigitalOcean dengan membayar menggunakan VISA Bank Jago atau Paypal, beli saldo paypal di shopee atau tempat conver saldo lainya, nanti kamu bisa beli VPS digital ocean. Dapatkan diskon kredit sebesar 200 dolar dengan membeli via tautan berikut ini 100 Dolar DigitalOcean untuk pengguna baru.

 

ShockHosting.com

Bila kamu membutuhkan server VPS yang sangat stabil bahkan lebih stabil dari digital ocean dengan uptime 9,99% maka ShockHosting solusinya. Harga ShockHosting sama seperti harga server digitalocean, tapi spesifikasi nya sedikit lebih tinggi daripada digital ocean.

Harga paket untuk versi terendah dari ShockHosting KVM nya $4.99 ( dengan Kurs 15.124, sekitar Rp 75.473). Adapun paket yang akan kamu dapatkan yakni 1 core CPU, Ram 2GB, SSD 30GB storage, Network 1Gb, IO speed 500Mb, Max Data transfer 2TB. 

Spesifikasinya lebih besar dalam segi storage dan juga maksimum kuota data transfer bulanan. Dan kamu sudah mendapatkan jaminan uptime 9,99% sebenarnya 9,98% dan itu benar adanya. Kami sudah menggunakan ShockHosting selama 8 bulan, dan downtime yang di hasilkan sangatlah rendah. 

Kamu bisa membeli paket ShockHosting secara langsung lewat tautan berikut ini Daftar KVM SUPER 99% uptime ShockHosting

 

Membeli server VPS lewat tautan yang sudah kami berikan harga tetap sama, namun terkadang ada diskon dan reward yang di berikan jika kamu mendaftar lewat tautan affiliasi bisa berupa bonus credit atau bisa juga bonus berupa coupon promo.

Pilihan ada di tangan kamu sendiri, mau memilih layanan penyedia yang mana.  Kalau kami saat ini lebih memilih layanan ShockHosting versi 29$, mengelolah satu server tunggal akan lebih mudah daripada mengelolah banyak server VPS.

Satu server dapat di gunakan untuk menghidupkan semua layanan termasuk API gateway, Websocket, TCP Server, Dan banyak program bot telegram lainya.  Kami menjual  layanan kepada pengguna akhir sebagai SaaS, yaitu produk teknologi akhir yang siap di gunakan dan tanpa perlu pengetahuan coding. 

Apakah kamu tertarik dengan jasa layanan pembuatan bot telegram kami? Jika tertarik, silakan hubungi saya di Telegram @RyanX, kami sangat senang bekerja sama dengan anda menyediakan fasilitas untuk membuat bot telegram yang skalabel dan juga fleksibel.