Keunggulan SaaS bot telegram Vs Order bot code program

Apa itu SaaS, mungkin ada yang bertanya mengenai singkatan tersebut. SaaS dalah singkatan dari Software as A Service, yaitu sejenis model bisnis yang menawarkan program sebagai layanan. Kenapa harus SaaS,  ini untuk mempermudah pengukuran harga dan juga mempercepat aplikasi berlajan di sistem.

Dibandingkan membeli program secara langsung harganya akan jauh lebih mahal, biaya lisensi penuh kode akan lebih tinggi dibandingkan saas. Sumber kode program merupakan karya yang dapati di gandakan, di jual ulang, atau di modifikasi untuk mendapatakn kekayaan/keuangan, bahasa singkatnya di jual ulang.

Oleh sebab itu developer dapat membebankan biaya yang mahal terhadap sumber kode program. Masalah kedua, untuk dapat menjalankan program yang sudah di beli haruslah mempunyai pengetahuan dasar tentang penyiapan server, konfigurasi server, hingga mengaitkan program dengan bot telegram database, dan juga api yang di butuhkan.

Banyak pelanggan yang gak paham akan hal tersebut, yang berdampak merepotkan developer. Pada akhirnya, jika harus ikut serta menginstallkan server baru untuk bot pelanggan, developer bisa meminta biaya tambahan untuk jasa pekerjaan tersebut yang di luar dari biaya jasa pembuatan desain program.

Kedua permasalahan tersebut tidak dapat di selesaikan karena banyak pelanggan +62 tidak mempunyai keuangan yang cukup alias daya beli mereka rendah. Maka dari itu untuk menurunkan biaya di berlakukan layanan SaaS, dengan server tunggal. Di sini kita mengoperasikan satu server, atau bisa hingga maksimal 5 server berkapasitas besar untuk menjalankan program.

Dengan begitu pekerjaan melakukan maintenance dan managed server akan lebih mudah dibandingkan mengelolah dan mengatur konfigurasi banyak server. Jumlah account yang di simpan juga tidak terlalu banyak, pekerjaanya lebih sedikit, dan harga nya bisa di pakas. Ini akan berdampak pada harga program akhir.

Netzku menyediakan SaaS di marketplace untuk dapat di install oleh siapa saja. Jadi setiap siapapun yang ingin membeli program serupa, tidak perlu lagi mengistall dan menyiapkan server baru yang rumit, cukup buat lingkungan virtual baru bahkan bisa di buat dari program.  Biya install juga jauh lebih murah, di bawah 100 ribu.

Program SaaS jauh lebih mendukung keberlanjutan, kenapa? karena kode program di update terus menrus dan di distribusikan versi terbaru. Setiap ada bugs baru, bisa di perbaiki tanpa ragu akan kehilangan banyak waktu untuk mengerjakan project tersebut.

Semakin banyak jumlah pengguna yang menginstall program SaaS, misal seperti bot Toko telegram untuk menjual produk Topup Games dan produk  digital. Makin banyak jumlah installer akan menutup biaya, dan lebih murah. Kok bisa?

Begini, biaya server di hitung berdasarkan bulanan. Mau di pakai atau tidak biaya nya tetap, misalnya beli server KVM dengan kapasitas 8 core VCPU, 4GB RAM, 120GB SSD, 8TB Bandwidh montly,  1GBPS Upling, dan 1GB I/O, dengan harga Rp 470.000/bulan.

Harga yang di bayarkan tetap 470rb, masalahnya tidak semua bot telegram itu dipakai setiap hari. Dan terbuang sia-sia waktu, dengan banyaknya jumlah pengguna semua sumber daya akan terjual tanpa ada yang mubazir. Misal pemilik A membeli bot toko online dan jarang di pakai, namun ada 20 unit installer lain akan membantu menggunakan resource dan membayar biaya.

Bagaimana kalau membeli server mandiri individu? Ya, jelas lebih mahal satu server di hargai 102Rb yang belum termasuk pajak.  Server indonesia harganya jauh lebih rendah 80 rb - 90rb untuk kapasitas minimal 1GB ram, 1core vcpu, 500mb I/O pokonya paket standar lah.

Di pake sendiri? ya jelas mahal, kalau beli gede terus di ecer akan lebih murah. Kalau kamu belum paham, kami adalah pengecer sumber daya server, kita beli server kapasitas besar terus nanti di pecah. Tiap aplikasi bot program dapat menggunakan resource tanpa limit, meskipun tanpa limit tetap di kontrol besaran sumber daya terpakai.

Harga Saas di mulai dari Rp 500,- /hari dengan harga paling minimal. Biaya penyiapan kurang dari 100rb biasanya berkisar 10rb, 20rb, 25rb, 30rb, 50rb, intinya di bawah 100rb.  Saya tahu lah, selama berbisnis gak ada pelanggan personal yang mampu membeli bot program dan mempertahankanya minimal 3 bulan.

Hanya intansi/bisnis yang mampu membeli program bot telegram, dan mempertahankannya ( intinya membayar biaya operasional secara rutin ). Pelanggan personal? Hmmm, paling cuma bertahan 2-3 bulan gak muncul agi, program bot yang di buat gak di pake. 

Gak peduli seberapa banyak uang yang mereka habiskan untuk membuat bot program, karena waktu kerja sudah terbayar lunas. Hak selanjutnya ada  pada mereka sendiri, paling repot sama konsumen yang tidak bisa apa-apa. Bahkan setup server gak bisa, setup bot minta di ajarin, paling parah cara menggunakan program bot yang mereka desain sendiri aja minta di ajarin.

Dari pada capek kerja, program SaaS adalah solusinya, cukup satu program saja yang penting ada manfaatnya. Satu program untuk semua orang, programnya populer akan ada banyak panduan dan tutorial penggunaan. Semakin lama seiring waktu akan terbentuk juga komunitas, pengguna saling memberi tutorial.  Sehingga jasa penyedia program tidak perlu repot menyiapkan tutor panduan, apalagi bayaran tidak sesuai dengan kriteria.

Jasa SaaS hadir karena daya beli pelanggan personal  kurang memadai. Kita sudah membuat lebih dari 50 program bot telegram, yang aktif kurang dari 10%, dari sejak jaman kasih biaya fee server 50k per month, hingga ngurusin hosting server milik pelanggan yang berkendala. Dan itu rumit, membebani waktu kerja.

Netzku memberikan garansi dukungan pada konsumen untuk program mereka jaminan program berjalan Online 24x7, dan dapat di gunakan setiap hari. Apabila pada masa mendatang terdapat bug akibat kesalahan sistem, atau akibat hal lain misalnya perubahan API eksternal dan perubahan mekainsme telegram, biaya perbaikan bugs gratis tidak di kenakan biaya.

Itulah sekilas keunggulan SaaS dibanding membeli software program secara penuh. Masih mau mengeluh karena harga mahal? Pake aja bot gratis, versi gratis masih banyak kok,  tidak perlu bayar untuk bot gratis. Biasanya di sediakan oleh Hobby, mahasiswa coding. Mereka menyediakan program secara gratis, untuk digunakan oleh pelanggan umum dengan catatan kalian sebagai pengguna bukan sebagai pemilik dengan kontrol penuh.