Cara deploy install bot telegram File Sharing Bot

Bot file sharing atau di kenal juga dengan istilah fsubs bot adalah bot telegram yang di gunakan untuk mengamankan serta mengontrol penyebaran media dari telegram.

Adapun media yang di maksud adalah content dalam bentuk file seperti Document, Foto, Video, maupun Audio. Di telegram sendiri semua content media bersifat publik, siapapun yang mempunyai ID terhadap content tersebut ( maksudnya mempunyai pesan ) dapat memforwading media ke pada siapa saja.

Media yang tidak terkontrol dapat memicuh sengketa, dan juga dapat membuat nya gampang hilang. Terlebih lagi apabila content tersebut merupakan content yang melanggar hak cipta ( ilegal ).

Tapi kami tidak mendukung konten ilegal. Bot ini dapat membantu anda dalam melindungi dan mengontrol konten yang di bagikan. Cukup forward atau upload file ke bot ini, bot akan menghasilkan tautan unik yang dapat di bagikan.

URL tautan unik hanya dapat di buka di aplikasi telegram. Tautan tersebut akan mengarahan pengguna untuk melakukan start pada bot, dan bot akan mengirimkan pesan secara private ke mereka.

Penyebaran content dapat di kontrol dengan mengaktifkan fitur pembatasan akses, cegah pesan di forwading, dan forcesubs channel. Dengan memanfaatkan forcesubs, tamu-tamu baru harus berlangganan ke channel/grup kamu sebelum dapat membuka media yang ada di dalamnya.

Bot ini di buat pada tahun 2021 oleh Code X Bot, kamu dapat mendeploynya dengan mudah karena repositori kode sumber bot ini terbuka untuk publik alias open source. Tautan https://github.com/CodeXBotz/File-Sharing-Bot

Untuk dapat menginstall di butuhkan pemahaman mengenai Server dan Hosting, kamu tidak bisa berlangganan di Heroku dan Vercel karena repositori bot tersebut sudah di banned. Beberapa hosting tidak menyediakan dukungan untuk python, jadi memang wajib harus mempunyai VPS Server. Setidaknya kamu hafal command line linux untuk dapat menjalankan program bot tersebut.


Install file sharing managed By Netzku ( No Ribet )

Bila kamu kesulitan dalam hal installasi, banyak kendala nya error sistem, dan ribet mengelolah servers. Netzku menyediakan versi managed nya, bot yang di managed oleh Netzku adalah bot siap pakai dan tidak perlu lagi melakukan setting servers yang rumit.

Dalam hal configurasi bot ini dapat di setting kapanpun di management pengaturan bot. Anda bisa menonaktifkan bot, mengatur setting channel db, channel forcesubs, dan banyak lagi. Bahkan fiturnya lebih lengkap dari bot versi Code X Bot.

Jika tertarik ingin menginstall bot ini silakan ikuti panduan berikut ini. Atau bisa langsung scroll ke bawah untuk menonton video installasi. Jangan lupa persiapkan dana minimal Rp 30.000, biaya setup awal adalah 10 ribu dan biaya berlangganan untuk cloud server 1000/hari.

Bagaimana cara menginstall atau deploy bot telegram file sharing Fbsubs bot? Netzku menyediakan layanan Managed, jadi anda tidak perlu repot memikirkan Database MongoDb dan juga hosting server yang mendukung program berbasis python.

Server bot di managed oleh kita, pengguna hanya terima jadi dan bisa menggunakan bot telegram mereka dengan mudah dan gampang. Untuk cara melakukan deploy bot telegram fsubs, silakan ikuti panduan berikut ini.

  • Siapkan akun Netzku kalau belum punya register dulu atau Login
  • Lakukan topup dana minimal 30 ribu untuk mendeploy bot file sharing. Saldo ini untuk pembayaran server hosting.
  • Setelah semua selesai silakan buka tautan installasi bot filesharing di sini
  • Proses insallasi biasanya 1 menit kalau lambat, setelah proses installasi selesai kamu akan di arahkan ke halaman konfigurasi. Silakan di tambahkan dulu pengaturan configurasi nya. Berikut ini keterangan.

Bot Token : wajib di input untuk berinteraksi dengan telegram, silakan tambahkan bot token pada kolom ini.
ID Channel : Wajib, id channel merupakan database admin untuk menampung media yang di unggah ke server telegram.
ID DB Channel : Wajib, bisa di samakan dengan id channel db channel untuk menampung media yang akan di bagikan oleh bot.
ID Tele Administrator : Wajib, ini id akun telegram administrator siapa yang dapat mengoperasikan bot tersebut.
ID Forcesubs : Opsional, id channel atau grup yang harus di join dulu oleh tamu untuk dapat membuka links.
ID File Pesan start : Abaikan saja tidak perlu di isi kolom ini sudah tidak lagi di pakai.
Batasi Akses : Opsional, untuk mengontrol pembatasan terhadap akses ke pesan media yang akan di bagikan. Jika di isi maka 1 links hanya dapat di akses beberapa kali sesuai dengan nilai yang di masukan.
Cegah Pesan di fordward : Agar pesan media yang di kirim oleh bot tidak boleh di forwading untuk mencegah copyright take down dan pencurian content.
Tombol share media : Opsional, menampilkan button berbagi saat pengguna membuka links media bot akan kirim media + button share links.
Pesan batasan : Opsional, pesan yang muncul ketika pengguna sudah mengakses lebih dari batas akses yang sudah di tentukan..
Membatasi Akses Lifetime : Ini akan membatasi akses ke file links dalam waktu lama, misal anda setel batas 3x akses user tersebut hanya boleh mengakses 3x, mau sampai kapanpun dia tidak bisa buka links links baru lagi kecuali ia membayar premium..
Batasi akses per hari : Opsional, untuk membatasi akses harian jadi satu pengguna hanya dapat mengakses links sesuai dengan batas yang di tentukan misal 3x, tidak peduli links media apapun. Esok hari ia bisa mengakses lagi dengan batas 3x lagi...

Atur sendiri pengaturan, kolom wajib adalah kolom yang dapat di isi. Sedangkan kolom opsional boleh di isi dan boleh tidak di isi, pengaturan akan mempengaruhi bagaimana bot nanti nya berjalan.


Menjalankan Bot telegram

Setelah semua konfigurasi di pasang, bot tidak sepenuhnya berjalan. Kita daftarkan dulu bot telegram ke daemon process, anda tidak perlu lagi ribet memahami apa itu proces daemon. Cukup navigasi ke halaman Home Netzku yang bisa di akses lewat URL https://netzku.com/member, klik icon pause pada program bot mana yang anda pasang.

Jika Proses berhasil di mulai, maka bot akan online dan anda siap untuk menggunakan bot telegram. Silakan di tes dan di sempurnakan settingan settingan bot. Tambahkan command baru ke bot anda bisa di akses lewat dashboard.

Tambahkan Deskripsi bot, about me, dan foto profile agar terlihat lebih menarik. Cobalah untuk mengirim pesan media ke bot telegram, apakah berhasil generate links atau belum. Review kembali konfigurasi bot apabila belum bisa di gunakan, beberapa error stdout dari telegram tidak di tampilkan di sini karena alasan privasi.

Selengkapnya silakan simak video berikut ini panduan menginstall bot telegram fsubs bot atau file sharing bot.

Mengalami kendala saat melakukan installasi? Silakan hubungi dukungan pelanggan di @ryanx Telegram