Jalur keuntungan bot topup game netzku

Margin keuntungan bot telegram 

Cara mengetahui bagaimana alur keuntungan dari bot topup game dan ppob di netzku. Masih banyak yang belum paham mengenai mekanisme ini, sebenarnya saya bukan product manager, tapi karena project ini sudah di buat lebih lama akhirnya saya harus jelaskan.

Untuk berjualan kamu harus punya modal awal terlebih dahulu. Modal ini terdiri dari yang yang kamu depositkan ke suplier pulsa baik itu Digiflazz Maupun Netzku Pulsa. Misalnya, untuk digiflazz modal awal minimal deposit adalah 200rb dan NetzkuPulsa Minimal modal adalah 100rb ( 50rb mengendap ).

Asumsikan kamu deposit modal 1.000.000, modal ini nantinya akan kamu pergunakan untuk membeli produk dari seller/supliar PULSA.

Lalu kamu mengatur harga produk PPOB dengan menambahkan margin keuntungan sebesar Rp 500 per transaksi.

Untuk margin keuntungan, bisa di set langsung per kategori atau bisa di set langsung per SKU. Ketika kamu menambahkan margin, itu artinya

kamu menambahkan keuntungan.

 

Sudah kan, kamu sudah punya modal kan? nah terus di telegram kamu punya bot nya. 

Terus ada pelanggan mau beli pulsa di bot kamu, mereka harus deposit dana dulu di bot kamu atau membayar secara langsung dengan aplikasi payment lain.

Segment belanja Jika pelanggan kamu deposit maka 

  • Mereka harus membayar sejumlah uang ke payment gateway atau rekening kamu.
  • Lalu mereka mendapatkan angka kredit sesuai dengan jumlah deposit.
  • Misal mereka deposit 50rb, kamu sebagai pemilik bot akan menerima uang tersebut.

 

Ketika pelanggan bot kamu membeli produk di bot kamu.

Misalnya harga produk pulsa 10rb adalh 10.200 dari suplier digiflazz.

Tapi kamu menambahkan margin keuntungan sebesar 500 rupiah, jadi harga akhir produk adalah 10.700 rupiah.

Kredit pelanggan di bot kamu akan berkurang sebesar 10.700 rupiah dari yang awalnya 50.000 jadi 39.300 rupiah.

 

Dimana letak keuntunganya?

Dari transaksi tersebut modal digiflazz kamu terpotong hanya 10.200 rupiah, lalu kredit member bot kamu terpotonng 10.700 ada selisih 500 rupiah yang di tambahkan ke harga sebagai keuntungan. Dan kamu hanya mengeluarkan dana modal 10.200.

Tapi ingat kredit member yang ada di bot kamu adalah hutang, itu belum di anggap sebagai penghasilan atau uang mirip mu sebelum mereka belanjakan. Intinya mereka nitip dana, kalau perlu beli produkmu, setelah di belanjakan total maka dapat di anggap sebagai penghasilan.

 

Jika menggunakan pengecekan Otomatis

Peyment gateway menyediakan layanan untuk meng-otomatisasi pembayaran, sehingga kamu gak perlu lagi mengkonfirmasi apakah buyer sudah membayar atau belum. Mekanisme ini mirip-mirip seperti pembayaran Qris dimana uang akan di tampung dulu di akun payment gateway lalu di setlement kan ke rekening kamu.

Jika menggunakan layanan payment gateway, pengguna deposit saldo atau membeli produk di bot mu uang mereka akan masuk ke layanan payment gateway tersebut. Habis itu apa lagi?

Setelah terkumpul banyak, uang dari payment gateway dapat di cairkan ke rekening kamu. Kembali lagi ke segment belanja di atas, mereka dapat saldo dan bisa belanja di toko kamu atau merka mendapatkan produknya apabila membeli produk langsung.

 

Segment Kedua, dimana buyer tidak deposit tapi bayar langsung.

  • Kamu punya akun payment gateway kan? Atau akun Merchant Qris yang di dukung.
  • Buyer membeli produk kamu, dan harga jual akhir sudah di tambah margin misalnya kamu beli 10rb di jual 12rb.
  • Terus buyer membayar menggunakan E-Wallet mereka.
  • Setelah buyer membayar, uang senilai 12rb akan masuk ke Merchant Payment Gateway kamu.
  • Uang tersebut dapat di tarik setelah memenihi ambang batas penarikan minimal.

 

 

Margin keuntungan

Keuntungan yang kita peroleh dari memutar-mutarkan dana adalah pertambahan antara nilai beli dan nilai jual. Nilai beli adalah jumlah uang yang kamu keluarkan untuk membeli produk PPOB dari suplier seperti digiflazz, netzku pulsa, atau produk toko.

Lalu kamu jual dengan harga yang lebih tinggi, selisih transaksi yang muncul merupakan catatan keuntungan yang kamu dapatkan. Untuk produk toko bisa di masukan produk digifal seperti Akun Premium, Lisensi Software, E-book, teks bisa, link join grup, File Zip, Video/gambar atau karya ART.

Kamu bisa menambahkan harga pembelian produk toko, harga pembelian ini untuk kebutuhan analistik. Jika produknya di buat sendiri, harga beli bisa diisi dengan perkiraan biaya produksi setiap unit nya atau boleh Nol kan. 

 

Perincian biaya layanan penggunaan platform

Kalau pada toko konter offline kita kan ada biaya yang harus di keluarkan, biaya listrik, biaya sewa ruko, biaya pajak, software pulsa dan lain-lain. Perkiraan biaya mungkn sekitar 300 - 500rb perbulan.

Nah di online juga terdapat biaya, tapi biaya nya jauh lebih rendah donk. Kamu cukup membayar biaya 

  • Biaya server bulanan untuk menjalankan software/program bot telegram. 
  • Biaya pencairan dana dari payment gateway ( jika pakai pembayaran otomatis )
  • Rincian : server bot bulanan 28rb + biaya pencairan 5000 = 33rb / bulan.

 

Menutupi biaya operasional

Untuk menutupi biaya operasional fokus pada marketing, promosikan bot nya ke siapa saja ke orang mana saja. Dan jangkau lebih banyak transaksi bulanan, bayangkan jika kamu atur margin keuntungan 500 rupiah per sku produk jika mendapatkan 100 pembeli per hari nya.

maka keuntungan yang kamu dapatkan bisa 25 ribu per bulan. Saya sarankan untuk di tawarkan ke admin-admin konter lain karena kamu mengambil margin keuntungan yang sangat kecil di bandingkan layanan lain. Harga margin + jumlah transaksi mempengaruhi untung rugi dalam berbisnis.

 

Untuk memudahkan pemilk bot menghitung keuntungan mereka apakah rugi atau untung di netzku sudah terdapat catatan analistik sederhana. Catatan ini akan menghitung selisi harga beli dan harga jual. Kalkulator ini juga akan menjumlahkan total transaksi sukses selama 12 bulan terakhir.

Jadi kamu sebagai pemilik bot tidak perlu repot mencatat apakah kita untung atau rugi, kalau kita mengalami kerugian artinya jumlah transaksi yang ada di bot kita kurang banyak atau margin keuntungan yang di pasang terlalu rendah.