Why You must doing that? because

Buyer cuma tanya doang gak sanggup bayar

Banyak pelanggan yang mereasahkan di jaman sekarang, entah kenapa bisnis jasa untuk pembuatan bot telegram kali ini  kurang sekali di hargai. Sebagai perbandingan, jasa pembuatan website, jasa install wordpress, bahkan memasang plugin saja harga nya selangit. Giliran untuk jasa pembuatan program Mini Apps Berbasis bot telegram banyak yang gak sanggup membayar.

Beberapa client takut ketika di bilang ada biaya bulanan. Bandingkan kembali, bot telegram adalah aplikasi yang di program/di koding dulu baru bisa berjalan. Kalau di bandingkan sama whatsapp yang hanya menjual layanan API saja harganya 350.000 - 450.000 per bulan, jauh lebih mahal hanya untuk membeli layanan API saja.

Telegram menggratiskan API mereka, anda hanya perlu membayar jasa pembuatan bot ( mengkoding/memprogram ) dalam satu kali bayar. Selanjutnya hanya perlu membayar biaya server bulanan, hanya itu yang perlu di bayarkan. Biaya server tidaklah semahal biaya sewa API WhatsApp bandingkan sendiri. Harga bulanan per 1 bot hanya Rp 500,- s/d 10.000 per hari.

Harga yang lumayan murah, beda dengan menyewa server secara langsung. Di program SaaS ini program anda tidak akan pernah di hapus meskipun tidak membayar, hanya akan di offlinekan saja. Kontrol sendiri jumlah bayaran, bila tidak ingin menggunakan cukup di off kan bot nya maka tidak akan di kenai tagihan serve, se sipmple itu.

 

Update di tahun 2024 banyak sekali pelanggan yang muluk-muluk dan tidak menghargai profesi. Mereka datang bisa bikin bot, bisa bikin ini itu. Ketika kita membutuhkan waktu untuk desain prototyping mereka menghilang alias tidak lagi merespon.'

Hey, anj1ng kalau tidak mau order tidak perlu tanya bisa itu bisa ini. Kalau orang sudah bikin agensi, udah punya portofolio, udah punya banyak karya yang jelas bisa buat bot. Kecuali permintaamu itu terlalu besar. 

Di tahun 2024 ini, model bisnis mungkin perlu di ubah. Sebelum melakukan tindakan apapun, periksa dulu duit mereka. Suruh bayar dulu sebagai pengaman dana. Baru setelah itu lakukan experiment kecil-kecilan untuk mencegah penipuan.

 

Kami memblokir pelanggan lantaran pelanggan sendiri yang membuat kesal!

Pelanggan yang kami blokir adalah pelaggan yang sudah melanggar aturan dan melakukan kesalahan berat, baik itu di TOS  Syarat dan Ketentuan layanan, maupun hanya iseng mempermaikan Developer. Biasanya saya hanya memblokir pelanggan dengan pelanggaran berulang, kalau hanya satu kali biasanya tergantung mereka, mau kerja sama ayo tidak jadi sudah.

Pelanggaran apa saja yang berat? Pelanggaran yang dimana menunda-nunda pembayaran setelah pengerjaan project selesai. Seperti biasa di sini kalau sudah kenal, anda sudah punya program aktif minimal 3 bulan di Netzku, kami tidak menagih biaya di awal saat di mintai upgrade/penambahan fitur.

Namun kita hanya memberikan biaya yang harus di bayarkan. Biaya tersebut dapat di bayarkan di akhir setelah project jadi, tapi jika di tunda-tunda apalagi tidak di respon ketika saya menagih maka akan segera di blokir. Kita berikan tempo 1x 24 jam untuk melunasi pembayaran.

Bukan terkait pada program bot yang tidak sesuai, tidak ada program yang tidak sesuai. Kita mengerjakan berdasarkan chartflow, apa yang di kerjakan sudah pasti mirip, kalaupun ada masalah saat pengerjaan pasti kita kabari dan di negosiasikan ulang pada client.

Kalau dalam bekerja sudah di sepakati biaya, namun ternyata pengerjaan nya butuh waktu lebih alias tambahan waktu dan itu meningkatkan biaya kerja. Kita bertanggung jawab dalam hal mengerjakan project tersebut selama angkanya tidak signifikan, tapi kalau signifikan kita malas ngerjain. Di bayar murah untuk mengerjakan project besar memangnya kita mau di kasih makan apa.

Lalu client seperti apa lagi? Kita juga memblokir client yang minta pengerjaan cepat, pelanggan jenis ini sering memaksa developer untuk mengerjakan project mereka segera. Melakukan spam chat, dan selalu meminta kabar mengenai apakah sudah selesai atau belum yang menurut saya itu menganggu, padahal sudah di janjikan estimasi waktu selesainya. kalau kita sudah resah, dan merasa terganggu dengan tindakan mereka maka akan di blokir tanpa pandang bulu.

 

Setiap kita memblokir pelanggan jika mereka sudah membayarkan biaya DP ( maka biaya DP itu akan menjadi hak kita sepenuhnya atas pekerjaan yang di lakukan ). Tapi apabila merka membayar secara penuh di awal, maka kita kembalikan separuh, terkadang kita kembalikan sepenuhnya. Refund terhadap jasa mengacuh pada hukum bisnis, dimana berbunyi Suatu bayaran atau uang masuk, tidak dapat di golongkan sebagai penghasilan bila pembeli/pelanggan tidak/belum menerima manfaat dari apa yang mereka beli.

Umumnya kita bisa memafkan pelanggan yang di blokir, yang di blokir kan cuma contact. Kalau mereka masih ada project active yang berjalan di situs Netzku.com kita gak hapus project tersebut, itu hak mereka. Bahkan bisa menghubungi kita lagi lewat account baru, tapi ingat dengan sopan menghubungi kita.

Banyak kok pelanggan yang saya blokir namun mereka masih menggunakan layanan. Yang di blokir hanya hubungan/contact agar tidak terjalin lagi komunikasi sebab kita sebal/tidak mau lagi melayani JASA. Kita merasa di rugikan dari aksi dan tindakan mereka. tidak di blokir dari layanan SaaS itu tidak ada hubunganya lagi dengan pemilik jasa, SaaS berjalan secara mandiri dalam virtual enviroment.